Bupati Garut Ingatkan Camat Waspadai Bencana Alam

  • Bagikan

KAPOL.ID – Bupati Garut, Rudy Gunawan mengintruksikan kepada para kepala dinas terkait juga para camat agar selalu meningkatkan mitigasi bencana pada setiap kali tibanya musim penghujan di Kabupaten Garut.

Alasannya, karena Kabupaten Garut termasuk salah satu kawasan di Jawa Barat yang cukup rawan akan terjadinya bencana, terutama bencana banjir, tanah longsor, pergerakan tanahputing beliung.

“Saya ingatkan, bahwa sekarang mungkin bencana yang akan menjadi bagian untuk kita hadapi ke depan. Dengan adanya peningkatan curah hujan yang tinggi dan cukup berpotensi akan terjadinya bencana hidrometeorologi, maka saya mohon, terutama kepada Asisten 1 juga BPBD Kabupaten Garut, juga dinas tekhnis agar menyiagakan alat berat di workshop untuk jaga-jaga bilamana terjadi bencana. Alat berat itu jangan dulu digunakan untuk hal-hal yang kurang penting,” tegas Rudy, saat memimpin apel gabungan terbatas di Lapangan Setda Garut, Senin (27/9/2021).

Ia pun berharap kepada seluruh dinas terkait untuk memprioritaskan hal-hal yang berhubungan dengan kebencanaan dalam tiga bulan kedepan.

Demi keselamatan warga semua tambah dia, jika bencana datang masyarakat harus segera mengungsi ke tempat yang dianggap aman.

“Selamatakan dulu jiwa masing-masing dalam satu keluarga, setelah keadaan aman, baru kita berpikir menyelamatkan harta dan benda. Jangan sampai sebaliknya, demi menyelamatkan harta benda, malah nyawa kita sendiri yang melayang seperti pada sejumlah kasus bencana yang terjadi sebelumnya,” tutur Rudy.

Tidak hanya itu, Rudy pun mengingatkan kepada yang tengah berwisata baik di gunung, laut atau lainnya, saat cuaca buruk atau tiba-tiba mendung agar segera mencari tempat yang aman.

Karena, berdasarkan data katanya, pada setiap tahun di Garut pun ada yang meninggal akibat tersambar petir.

“Ancaman ini pun tolong segera sosialisasikan oleh para camat, buatkan surat edaran bupatinya, serta informasikan oleh tiga pilar di masing-masing desa,” tuturnya.

Sebenarnya lanjut Rudy, BPBD pun telah melakukan siosialisasi kepada para camat di Kabupaten Garut terkait mitigasi bencana yang ditindaklanjuti oleh para camat menginformasikan kembali kepada para kepala desa mengenai kemungkinan bencana yang akan terjadi di Kabupaten Garut pada musim penghujan tahun ini.

Bahkan lanjut dia, pihaknya pun telah meminta jajaran BPBD untuk membuat buku besar, dan buku kecil tentang kebencanaan baik tingkat kabupaten, tingkat kecamatan, tingkat desa sampai kebencanaan pada tiap-tiap dusun atau RW.

Karena, ini merupakan bagian dari mitigasi bencana demi menghindari adanya korban jiwa pada setiap kali terjadi bencana.***

  • Bagikan