Terhubung dengan KAPOL

WISATA

Keluarkan Suara Unik, Gua Cilugina Sarimukti Wisata Anyar yang Mempesona

|

KAPOL.ID –Tasikmalaya selatan dikenal kaya dengan wisata alam gunungnya.

Seperti alam sungai yang banyak mengalir, curug (air terjun), gua, pesisir pantai dan panaroma yang memesona.

Sayang potensi destinasi wisata yang melimpah itu belum bisa dimanfaatkan warga menjadi kunjungan wisata yang bisa mendatangkan dolar.

Tidak ada biaya, suport dan political wiil dari Pemerintah dan Wakil Rakyat Kabupaten Tasikmalaya menjadi persoalan yang klasik.

Gua Cilugina, Kampung Cibungur, Desa Sarimukti, Kec. Karangnunggal, Kab. Tasikmalaya, yang bisa mengeluarkan suara unik sehingga bisa diolah menjadi bunyi diatonis yang menarik, tak hanya unik, Gua Cilugina juga dihiasi oleh stalagtit dan stalagnit yang mempesona.

Kini warga dan pemuda setempat sedang mengupayakan Gua Cilugina menjadi tujuan destinasi anyar yang multi guna. Ketua Umum Komunitas Kidul Babarengan (Kibar) Atang Suwardi menjelaskan sudah sekitar enam bulan sejak berdirinya Kibar Gua Ciluguna terus dipercantik.

“Kibar bekerjasama dengan pemuda dan warga, memoles dan mengelola destinasi Gua Cilugina berharap menjadi kunjungan wisata anyar di Tasela,” jelas Atang yang akrab disapa Aboy ini. Desa Sarimukti sambung Aboy, banyak menyimpan destinasi wisata yang unik, menarik dan mempesona.

Tak hanya, Gua Cilugina, tapi ada juga Gua Kerud yang luas, Curug Kacapi dengan airnya yang indah, Pasir Pilar dibalut panorama yang memesona dan banyak lagi yang lainnya.

Kendala yang ada akses jalan menuju lokasi yang belum memadai dengan biaya yang minim, tentu Kibar tak hanya bermodalkan semangat.

“Sempat jadi perhatian Kepala Dinas Pariwisata, Anggota Dewan, Gua Cilugina. Namun hingga kini belum ada gregetnya, Desa Sarimukti masuk menjadi percontohan Desa Wisata, mudah-mudahan pemeritah dan wakil rakyatnya bisa lebih serius membatu kami,” harap Aboy.

Untuk mencapai Gua Cilugina dari ibukota Kec. Karangnunggal jaraknya sekitar 10 KM, dari Desa Sarimukti sekitar 4 KM, untuk sepeda motor bisa sampai ke dekat lokasi.

“Kami sedang berupaya memperbaiki dan melebarkan akses jalan,” pungkasnya semangat. ***

Diskusikan di Facebook

1 Pesan

  1. Pingback: Bermain Akustik di Gua Cilugina Karangnunggal | kapol.id

Silakan mengirim pesan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *