Kiara Korsi, Pohon Ratusan Tahun Menarik Wisatawan

  • Bagikan
Sejumlah pengunjung Kiara Korsi tengah berfoto dan menikmati suasana alam. (Foto: kapol.id/Indri Gita Pertiwi)

KAPOL.ID–Dusun Awiluar, Desa Sirnajaya, Kecamatan Karangjaya, Kabupaten Tasikmalaya mendapat berkah dari pohon kiara korsi. Pohon berusia sekitar 100 tahun dengan tinggi 50 meter dan diameter 15 meter itu merupakan objek wisata unik.

Nama kiara korsi disematkan oleh warga lokal. Karena memang bentuknya seperti kursi (Sunda: korsi). Pohon yang termasuk ordo Rosales dengan nama Latin Ficus Annulate tersebut menjadi salah satu objek wisata dan sejarah kebudayaan Gunung Payung, Gunung Paniisan.

Warga setempat bahkan sangat mengharapkan agar pohok kiara korsi dapat mendongkrak sektor perekonomian bidang pariwisata. Daya tarik objek wisata alam tersebut biasa dimanfaatkan wisatawan lokal dan luar untuk swafoto, piknik bersama keluarga dan juga tempat kegiatan Pramuka.

Untuk saat ini objek wisata tersebut belum memungut biaya masuk. Pengunjung dapat menikmatinya secara gratis. Ke depan, ada kemungkinan pemerintah setempat mengembangkannya menjadi objek wisata sebagai salah satu sumber pendapatan pemerintah desa.

“Kiara korsi ini wisata alam yang menyejukkan, yah. Sangat cocok untuk berekreasi bersama keluarga atau teman sambil menikmati suasana alam,” ucap Riki Septiana, salah satu pengunjung, Rabu (13/10/2021).

Belakangan, wisata alam memang menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk menghilangkan penat serta menghirup udara segar, setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Namun tetap saja protokol kesehatan tetap harus diperhatikan, agar rekreasi tetap aman dan menyenangkan.

  • Bagikan