Personil Polres Sumedang Berprestasi Diberi Penghargaan

  • Bagikan

KAPOL.ID – Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto melalui Kabag SDM Kompol Suhari memberikan penghargaan kepada sebanyak lima personil Satreskrim berprestasi, Senin (27/9/2021).

Suhari mengatakan, inovasi adalah pemicu kuat untuk menjadikan perubahan nyata.

Menurut dia, hal itulah yang harus dijadikan modal utama bagi seluruh personil Polres Sumedang.

Targetnya, untuk memperbaiki diri menciptakan prestasi yang melahirkan etos kerja positif bagi masyarakat.

“Perlu diketahui, 5 personil dari satuan reskrim berprestasi soal penyidikan tercepat,” ujarnya.

Ia mengatakan, perkara pidana ini memang masuk pidana ringan.

Namun, terhitung 2 hari kerja Unit 1 Satreskrim sudah berhasil mengirimkan berkas perkara tahap pertama ke Kejaksaan Negeri Sumedang.

“Bisa dibayangkan oleh kita, bekerja selama 2 hari full menyelesaikan berkas perkara dimulai dari administrasi penyidikan, penangkapan tersangka, pemeriksaan saksi dan tahapan lainnya hingga menjadi sebuah berkas perkara, dituntaskan dalam waktu sesingkat mungkin,” ucapnya.

Berkas perkara yang diajukan ke kejaksaan ini tidaklah mendapat status P-19.

“Tentu ini prestasi yang luar biasa, mengingat ketelitian dan ketepatan dalam setiap tahapannya dilakukan dalam waktu singkat 2 hari kerja,” katabya.

Dikatakan, salah satu polwan penyidik pembantu Polres Sumedang berprestasi dalam input data aplikasi e-manajemen penyidikan.

Dia, meraih peringkat 2 tingkat Polda Jabar pada edisi bulan September 2021.

“Administrasi penyidikan tidak bisa dipisahkan begitu saja dari penyidikan suatu perkara, butuh ketelitian dalam membuat administrasi penyidikan. Secara otomatis berguna untuk meminimalkan terjadinya gugatan pra-peradilan akibat dari suatu penyidikan perkara,” kata dia.

Melalui e-manajemen penyidikan pula, satuan atas lebih mudah untuk monitoring, analisa dan evaluasi terhadap kinerja para penyidik.

Sehingga, lebih memudahkan dalam pendataan dan pemetaan permasalahan.

Dan satu lagi, seksi keuangan Polres Sumedang dibawah pimpinan Kasi Keuangan Iptu Ikin kembali meraih prestasi sebagai indikator kinerja pelaksanaan anggaran peringkat pertama semester 1 tahun 2021 kategori pagu besar dari KPPN Sumedang.

“Ini pun sebuah prestasi luar biasa, dimana kita konsisten meraih kepercayaan pihak luar dalam pengelolaan anggaran dan pelaporannya sebagai wujud pertanggung jawaban kita selaku pengguna anggaran bersanding dengan berbagai instansi pemerintahan lainnya,” ujar dia.

Sehingga, merujuk pada kedua prestasi tersebut diatas, inilah contoh yang patut diapresiasi dan diteruskan oleh semua personel.

“Konsistensi dalam ketelitian pekerjaan dan semangat untuk berkarya. Penghargaan ini diberikan sebagai wujud terimakasih pimpinan atas dedikasi yang diberikan kepada institusi kepolisian,” tuturnya. ***

  • Bagikan