KAPOL.ID — SDN Manglayang 1 Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang bekerjasama dengan PPM Prodi Magister Pendidikan Fisika UPI Bandung menggelar kegiatan Komunitas Belajar Visoner, Intelektual, Bijak, Energik, Sportif (VIBES), bertempat di Kampus SDN Manglayang 1.
Kegiatan tersebut mengambil tema “Penguatan Pembelajaran dan Asesmen Literasi dan Numerasi” juga dihadiri rombongan dari UPI Bandung serta para guru- guru SDN Manglayang 1 Sukasari.
Kepala SDN Manglayang 1, Hj. Nurhayati mengatakan, tujuan kegiatan komunitas belajar VIBES hari ini diberkolaborasi dengan Pengabdian pada Masyarakat Program Studi Magister Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Indonesia itu adalah untuk memberikan penguatan pembelajaran literasi dan numerasi serta asesmennya. sehingga guru-guru di sini nanti pada tahun ajaran baru sudah siap untuk mempersiapkan segala berbagai mungkin teknik strategi pembelajaran yang berdampak pada murid.
“Jadi, tujuan kegiatan hari ini selain untuk meningkatkan pembelajaran dalam semester akhir sekarang juga diharapkan bahwa nanti kedepannya guru-guru itu menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh hari ini untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya pada tahun ajaran baru,” ujarnya.
Ia berharap guru-guru SD Negeri Malayang 1 bisa berkolaborasi berkomunikasi positif efektif efisien bersama guru-gurunya, siswanya dan orang tua serta masyarakat.
Sehingga, bisa meningkatkan kualitas pembelajaran yang berdampak pada murid.
Sementara itu, Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Pendidikan Fisika UPI Bandung Ridwan Efendi mengatakan, Ini kegiatan pengabdian dari kami dari Upi dari pendidikan fisika kami terkait dengan pembelajaran dan asesmen literasi numerasi di SDN Manglayang 1 Sukasari.
“Kami mengambil lokasi ini sebetulnya ini kan lumayan jarang juga spot yang kita cari kebetulan juga nampaknya jauh dari kota jauh kita mencoba berkontribusi terhadap kebijakan tentang literasi nunerasi ya terutama di sini di level sekolah dasar,” ucap dia.
Pihaknya sudah sering mengadakan kegiatan tersebut, tahun ini baru di sini.
“Harapannya, kita satu berkontribusi terhadap penguatan kompetensi literasi nunerqsi. Baik untuk guru ataupun untuk siswanya. Itu bagian dari keinginan kita berkontribusi terhadap pengembangan kompetensi literasi nunerasi,” kata dia.
Karena, memang menjadi kompetensi yang mendasar yang harus dimiliki oleh siswa. ***