KAPOL.ID – Masa Posko Angkutan Lebaran (Angleb) 2025 oleh KAI Group telah dimulai, yang ditandai dengan Gelar Pasukan Operasi Angleb 2025 di Stasiun Gambir pada Senin, (24/3). Dalam kegiatan ini, KAI Commuter sebagai operator kereta komuter yang juga merupakan anak usaha PT KAI (Persero) ikut dalam Gelar Pasukan ini, mulai dari jajaran Asisten Manager hingga jajaran Direktur.
“Jajaran KAI Commuter mulai dari _Asisten Manager_ hingga level _Board of Directors_ (BoD) ikut serta dalam gelar pasukan ini,” jelas VP Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus, saat menghadiri kegiatan tersebut. “Keikutsertaan dalam gelar pasukan ini menandakan KAI Commuter siap dalam menghadapi Masa Angkutan Lebaran tahun ini,” tambah Joni.
Masa Posko Angleb 2025 ini sendiri dilaksanakan selama 16 hari, mulai 24 Maret – 8 April 2025, sedangkan masa Angkutan Lebaran Tahun 2025 sudah dimulai dari 21 Maret hingga 11 April 2025 mendatang.
Hingga Minggu, 23 Maret 2025 kemarin, atau hari ke-3 masa Angkutan Lebaran, KAI Commuter mencatat total volume pengguna sebanyak 2.996.869 orang di seluruh wilayah operasional dengan rincian sebagai berikut: untuk Commuter Line Jabodetabek tercatat sebanyak 2.576.497 orang, Commuter Line Merak sebanyak 37.638 orang, dan Commuter Line Basoetta sebanyak 17.040 orang.
Sedangkan untuk total volume pengguna Commuter Line di Wilayah 2 Bandung tercatat sebanyak 167.861 orang, Commuter Line Yogya-Palur sebanyak 57.140 orang, Commuter Line Prameks 7.526 orang, dan volume pengguna Commuter Line di Wilayah 8 Surabaya tercatat sebanyak 133.167 orang.
Joni juga menambahkan bahwa selama masa Posko Angleb ini, jajaran KAI Commuter yang melaksanakan posko akan memberikan tambahan layanan mulai dari layanan pengguna, kesehatan, serta keamanan pengguna. Selain itu, KAI Commuter juga menambah fasilitas-fasilitas layanan selama masa Angleb ini.
Diprediksi pada masa Angleb 2025 ini jumlah total volume pengguna Commuter Line di seluruh wilayah operasi sebanyak 22.111.974 orang atau terjadi peningkatan jumlah volume sebesar 5% jika dibandingkan tahun 2024 yang sejumlah 21.003.674 orang.
Dari peningkatan angka volume pengguna tersebut, terpantau didominasi oleh pengguna musiman yang akan bersilaturahmi ke sanak saudara, handai taulan, serta berkunjung ke tempat wisata dan pusat perbelanjaan yang berada dekat dengan stasiun-stasiun Commuter Line. Untuk itu, KAI Commuter akan meningkatkan pelayanan kepada para pengguna. KAI Commuter akan menyiagakan sebanyak 4.258 petugas keamanan dan 145 petugas kesehatan di seluruh wilayah.
Selain penambahan petugas Posko, KAI Commuter juga menambah fasilitas-fasilitas layanan kepada penggunanya, mulai dari layanan pos kesehatan, fasilitas air minum gratis, toilet portable, pemasangan tenda, penambahan kipas angın, kursi tunggu, pelebaran musala, dan tematik Idul Fitri di stasiun-stasiun Commuter Line.
“KAI Commuter mengimbau kepada seluruh pengguna Commuter Line untuk selalu mengikuti aturan selama perjalanan, menjaga dan mengawasi anak selama di kereta dan stasiun, mengikuti arahan petugas, serta tetap waspada dan menjaga keselamatan,” tutup Joni.