BIROKRASI

Gece 112, 911-nya Kota Tasik

×

Gece 112, 911-nya Kota Tasik

Sebarkan artikel ini
Apel kesiapan layanan Gece 112 di Halaman Balai Kota Tasikmalaya, Selasa (19/3/2024).*

KAPOL.ID –
Pemkot Tasikmalaya meluncurkan layanan GeCe (Gerak Cepat) 112 di Halaman Balai Kota Tasikmalaya, Selasa (19/3/2024).

Sebuah layanan kedaruratan bagi masyarakat tanpa harus membayar pulsa untuk mengakses nomor 112.

“Karena ini adalah program nasional, saya hanya ingin menyampaikan kalau di Amerika ada 911, di Kota Tasikmalaya ada 112,” ucap Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah.

Ia mengatakan, layanan nomor darurat 112 ini dapat mendekatkan antara masyarakat dengan pemerintah. Juga lebih memaksimalkan layanan sebelumnya yang sudah berjalan.

“Jadi namanya juga gerak cepat, maka ini diharapkan mempercepat proses pelayanan.”

“Masyarakat dapat melapor, kejadian kecelakaan, medis atau bencana ataupun gangguan keamanan,” ujarnya.

Ia mengatakan, ada 6 SKPD yang sudah dikoneksikan dengan 112 melayani 24 jam. Yakni BPBD, Kominfo, Dishub, Dinsos, Dinkes dan Satpol PP.

Menyusul beberapa dinas lain serta instansi vertikal di bawah kepolisian, kejaksaan, kodim 0612 dan Lanud Wiriadinata.

“Gece 112 ini tak perlu pulsa. Hape dalam kondisi terkuncipun bisa melakukan panggilan darurat ini,” katanya.

Kepala Dinas Kominfo Kota Tasikmalaya, Hanafi mengatakan, operator Gece sudah stanby selama 24 jam dan terbagi dalam tiga shift.

“Pada prinsipnya jika ada warga yang menelepon ke 112 langsung terhubung ke operator command center. Kemudian diteruskan ke dinas terkait sesuai dengan kedaruratan masyarakat.”

“Kemarin saat ujicoba, respon time kita di bawah 3 menit, mudah-mudahan kedepan bisa lebih maksimal lagi,” katanya. ***