KAPOL.ID –
Indosat Ooredoo Hutchison meraih pertumbuhan finansial yang gemilang di sembilan bulan pertama tahun 2024. Pertumbuhan pendapatan mencapai dua digit dengan peningkatan substansial di berbagai indikator kunci dari aspek finansial.
Pada sembilan bulan pertama tahun 2024 (9B24), Indosat mencatatkan total pendapatan sebesar Rp41.812 miliar, tumbuh 11,6% Year-on-Year (YoY).
EBITDA juga menunjukkan pertumbuhan yang kuat, meningkat 15% YoY menjadi Rp20.000 miliar, menjadikan EBITDA margin perusahaan sebesar 47,8% di 9B24.
Laba Tahun Berjalan yang Dapat Distribusikan kepada Pemilik Entitas Induk sebesar Rp3.878 miliar, melanjutkan rekor profitabilitas kuartal. Meningkat 39,1% YoY serta tren positif pada pertumbuhan kuartalan Indosat.
Segmen bisnis selular berkontribusi terhadap pendapatan tertinggi yakni 84,3 persen. Disusul MIDI 14,1 Persen, dan Fixed Telecommunications 1,6%. Layanan selular terus menunjukkan dominasinya, meningkat 9,5% YoY. Segmen MIDI menunjukkan peningkatan signifikan sebesar 30,2%, didorong oleh Fixed Internet, Fixed Connectivity, dan IT Services.
Pergeseran ke arah penyediaan solusi berbasis AI dan digital menjadikan MIDI sebagai kontributor penting bagi bisnis Indosat secara keseluruhan.
“Hasil ini mencerminkan upaya kami dalam menonjolkan keunggulan operasional, alokasi modal yang strategis, dan memanfatkan transformasi berbasis-AI,” ujar Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison.
Pihaknya juga terus fokus menghadirkan pengalaman yang mengesankan kepada seluruh pemangku kepentingan. Serta memastikan kekuatan kinerja finansial seraya menavigasi lanskap telekomunikasi yang terus berkembang.
“Belanja modal strategis perusahaan telah menjadi kunci pencapaian ini, dengan investasi yang difokuskan pada peningkatan infrastruktur jaringan. Terutama di wilayah pedesaan dan bagian timur Indonesia, serta mendukung perluasan bisnis,” ujarnya.
Indosat menambah BTS 4G sebesar 12,5% YoY menjadi 193.562 unit untuk memenuhi permintaan data yang terus meningkat. Ekspansi tersebut mendorong lonjakan lalu lintas data yang naik sebesar 12,5% YoY menjadi 12.050 Petabyte (PB) dalam sembilan bulan pertama tahun 2024.
Fokus Indosat untuk mendapatkan pelanggan berkualitas berkontribusi signifikan pada peningkatan peningkatan rata-rata pendapatan per pengguna (ARPU). Pada sembilan bulan tahun 2024 mencapai Rp 37,7 ribu, meningkat 8,7% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.
Peningkatan infrastruktur yang terintegrasi AI, dimanfaatkan untuk mengoptimalkan operasinya, mendorong inovasi, dan meningkatkan pengalaman pelanggan.
“Pendekatan ini berhasil meningkatkan efisiensi operasional dan memperkuat posisi kompetitif perusahaan di pasar,” katanya.
Kemitraan
Di samping itu juga, Indosat menjalin kemitraan strategis dengan perusahaan global seperti NVIDIA, Microsoft, Google, Mastercard, dan Huawei. Beberapa pencapaian penting termasuk peluncuran AI Experience Center dan GPU Merdeka oleh Lintasarta, anak perusahaan Indosat, yang menyediakan layanan cloud berbasis AI. Upaya ini sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045.
Indosat terus menjembatani kesenjangan digital dan mendukung inklusi digital. Melalui inisiatif seperti IDCamp dan SheHacks, perusahaan aktif dalam memperluas literasi digital dan mempromosikan kesetaraan gender. Hingga saat ini, IDCamp telah membina lebih dari 270.000 siswa, membekali mereka dengan keterampilan penting untuk mendukung ekonomi digital Indonesia.
Serta mendorong agenda Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG) dengan menerapkan praktik berkelanjutan, termasuk solusi energi terbarukan. Kemudian peningkatan keamanan siber dan penguatan perlindungan privasi data.
Seluruh inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen Indosat untuk membangun masa depan digital Indonesia yang lebih cerah dan inklusif.
“Dengan pendekatan kolaboratif yang terinspirasi dari semangat Gotong Royong, kami senantiasa berkomitmen pada tujuan besar perusahaan.”
“Dalam memberdayakan Indonesia dan memajukan Indonesia di garis depan ekonomi digital regional,” katanya.
Jawa Barat
Sementara itu Indosat Regional Jawa Barat turut mencatatkan pertumbuhan yang menjanjikan pada sembilan bulan pertama tahun 2024. Peningkatan trafik data hingga 12,3% YoY.
Kenaikan trafik data tersebut selaras dengan peningkatan jumlah pelanggan sekitar 300 ribu secara YoY hingga akhir September 2024.
Total BTS 4G di wilayah Jawa Barat telah bertambah lebih dari 1.500 BTS 4G atau meningkat 9% YoY hingga akhir September 2024. Hingga akhir tahun 2024, Indosat akan terus melakukan perkuatan jaringan di wilayah Barat. Termasuk hingga ke pelosok perdesaan dan wilayah rural. ***