BISNIS

KAI Daop 2 Sampaikan Permohonan Maaf atas Keterlambatan Perjalanan KA Pasundan Tambahan

×

KAI Daop 2 Sampaikan Permohonan Maaf atas Keterlambatan Perjalanan KA Pasundan Tambahan

Sebarkan artikel ini

KAPOL.ID – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung (KAI Daop 2) menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan KA Pasundan Tambahan relasi Kiaracondong – Surabaya Gubeng atas keterlambatan perjalanan yang terjadi pada hari ini Sabtu, 28 Desember 2024.

Manager Humasda KAI Daop 2 Bandung, Ayep Hanapi menjelaskan keterlambatan ini disebabkan adanya gangguan teknis pada sarana kereta api saat di perjalanan. Pada saat berhenti normal di Stasiun Cipeundeuy pada pukul 11.05, dilakukan pemeriksaan oleh teknisi kereta, didapati salah satu rangkaian kereta mengalami gangguan teknis sehingga memerlukan penanganan lebih lanjut oleh petugas.

“Proses penanganan gangguan memerlukan waktu lebih lama dari yang diperkirakan sehingga berdampak pada keterlambatan jadwal keberangkatan dan kedatangan KA Pasundan Tambahan di stasiun – stasiun selanjutnya. KAI Daop 2 mengutamakan keselamatan dan kenyamanan seluruh pelanggan dalam setiap perjalanan kereta api. Oleh karena itu, langkah perbaikan dilakukan dengan sangat hati-hati sesuai dengan prosedur operasional standar,” jelas Ayep.

Sebagai bentuk tanggung jawab, KAI telah menginformasikan langsung ke penumpang KA Pasundan Tambahan terkait kondisi terkini. Selain itu KAI juga memberikan kompensasi berupa pengembalian bea sebesar 50% dari harga tiket (diluar biaya administrasi pemesanan) bagi penumpang yang terus melanjutkan perjalannya hingga akhir tujuan. Namun bagi penumpang yang tidak berkenan melanjutkan perjalanan, penumpang tersebut mendapat pengembalian bea sebesar 100% dari harga tiket (diluar biaya administrasi pemesanan).

KA Pasundan Tambahan ini merupakan kereta kelas ekonomi dengan kapasitas sebanyak 742 tempat duduk.

“Kami memahami bahwa keterlambatan ini dapat mengganggu rencana perjalanan para pelanggan, dan kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan agar kejadian serupa tidak terulang di masa mendatang. Kami memohon maaf sebesar-besarnya atas keterlambatan ini,” jelas Ayep.

KAI Daop 2 mengucapkan terima kasih atas pengertian dan kesabaran seluruh pelanggan. Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi Contact Center KAI 121 atau layanan pelanggan di stasiun terdekat. ***