KANAL

Kantor Kemenag Kabupaten Indramayu Tingkatkan Pelayanan Publik

×

Kantor Kemenag Kabupaten Indramayu Tingkatkan Pelayanan Publik

Sebarkan artikel ini
Pelayanan Publik
Kantor Kemenag Kabupaten Indramayu menggelar pelatihan untuk meningkatkan pelayanan publik.

KAPOL.ID – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Indramayu sangat memerhatikan pentingnya pelayanan publik. Karena pelayanan yang baik merupakan salah satu kunci tumbuhnya kepercayaan publik.

Untuk itu, Kantor Kemenag Kabupaten Indramayu berupaya meningkatkan kapasitas ASN-nya. Yaitu melalui pelatihan metodologi pembelajaran di wilayah kerja (PDWK), dengan materi khusus pelayanan publik.

Kegiatan PDWK ini dibuka pada Senin (5/6/2023). Sebanyak 30 ASN di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Indramayu akan mengikutinya selama satu pekan ke depan.

Pada acara pembukaan, sambutan Kepala Kantor diwakili oleh Kasubag TU Kemenag Kabupaten Indramayu, H. Aan Fathul Anwar, SH, M.Pd.I. Pada kesempatan tersebut, Aan menekankan pentingnya pelayanan publik.

“Karena begitu penting, kita sekarang sudah punya pelayanan terpadu satu pintu atau PTSP. Madrasah-madrasah di Indramayu sekarang sudah ada PTSP-nya. Jadi pelayanan lebih mudah,” ujar Aan.

Sekalipun demikian, Aan juga menyadari bahwa pelayanan di lingkungannya memang belum maksimal. Misalnya dalam hal akurasi, kesesuaian dan kepastian pelayanan.

Karena itu, Aan mendorong supaya ASN di lingkungannya bekerja lebih peduli lagi. Terutama terhadap pihak-pihak yang belum terlayani dengan baik.

“Jangan sampai ASN tidak paham apa yang ia kerjakan. SOP itu penting dalam setiap pekerjaan, untuk meningkatkan pelayanan publik. Masing-masing harus paham TUSI-nya dulu,” lanjut Aan.

Potensi permudahan pelayanan di lingkungan Kantor Kemenag sebetulnya sangat besar. Apalagi sekalarang ada pelayanan yang berbasis digital, dengan tagline SMART.

Di samping itu, Kantor Kemenag Kabupaten Indramayu juga sudah mempunyai studio podcast. Dari studio ini bisa melakukan pelayanan berbasis media sosial kepada masyarakat, berupa penyebaran informasi.

Karena itulah, kata Aan, ASN juga harus mengupdate kompetensinya. Terutama terkait semua informasi layanan. Pemanfaatan KUA sebagai pusat layanan keagamaan juga akan memperluas jangkauan layanan.

“Penting juga untuk membenahi prasarana, harus bersih dan nyaman. Termasuk mengubah mindset menjadi pelayanan terbaik dan berkinerja terbaik,” tambah Aan.

Poin lain yang sangat penting dan Aan sampaikan bahwa ASN harus ramah selama melayani publik. Kedepankan sikap salam, senyum dan sapa. Dengan demikian akan tercipta image pasitif dari masyarakat.

“Semoga dengan PDWK Pelayanan Publik ini bisa membawa perubahan, baik itu mindset dari ASN-nya, juga terhadap peningkatan pelayanan publik di lingkungan Kemenag Kabupaten Indramayu,” harap Aan.

Support KAPOL with subscribe, like, share, and comment

Youtube : https://www.youtube.com/c/kapoltv

Portal Web : https://kapol.tv/
Portal Berita : https://kapol.id/
Facebook : https://www.facebook.com/kabar.pol
Twiter : https://twitter.com/kapoltv