KAPOL.ID – Manager Humas Daop 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono mengatakan pihaknya telah melayani sebanyak 1.139.123 pelanggan KA selama pelaksanaan Angkutan Lebaran 2023 periode 14 April-2 Mei 2023 atau selama 19 hari.
“Jumlah tersebut meningkat 10% jika dibandingkan dengan periode Angkutan Lebaran 2022 yaitu 1.035.420 pelanggan KA,” ujarnya, Selasa (4/4).
“Pada periode 14 April-2 Mei, Daop 2 Bandung melayani 282.764 pelanggan KA Jarak Jauh dan 856.359 pelanggan KA Lokal. Seluruh pelanggan tersebut dipastikan sudah terlayani dengan baik sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah,” ujar dia.
Tahun ini, puncak keberangkatan pelanggan pada masa Angkutan Lebaran terjadi pada tanggal 25 April 2023 dengan jumlah pelanggan yang dilayani sebanyak 18.262 pelanggan dimana Stasiun Bandung menjadi keberangkatan dengan angka tertinggi yaitu 8.832 pelanggan.
Sementara itu puncak arus balik juga terjadi pada 25 April dengan jumlah kedatangan sebanyak 18.716 pelanggan KA.
“Pada masa Angkutan Lebaran tahun ini, Daop 2 Bandung mengoperasikan 517 perjalanan KA Jarak Jauh, serta 1.178 perjalanan KA Lokal selama 19 hari masa Angkutan Lebaran. Semua operasional perjalanan KA selama masa angkutan Lebaran berjalan aman, lancar, tidak ada hambatan atau zero accident,” tambah Mahendro.
Mahendro mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat mulai dari Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, TNI, Polri, Pemerintah Daerah, dan pihak-pihak lainnya yang telah mendukung kelancaran pelaksanaan Angkutan Lebaran tahun ini.
“Daop 2 Bandung juga berterima kasih kepada para pelanggan yang telah memilih kereta api sebagai moda transportasi selama masa Lebaran dan secara displin mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Kami akan terus konsisten memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan KA agar kereta api tetap menjadi moda transportasi andalan yang aman, nyaman, selamat, dan sehat sampai di tujuan,” tutup Mahendro. ***