BISNIS

Momen Nataru, Telkmosel Pastikan Kesiapan Jaringan dan Layanan Digital

×

Momen Nataru, Telkmosel Pastikan Kesiapan Jaringan dan Layanan Digital

Sebarkan artikel ini
Istimewa*

KAPOL.ID – Telkomsel memastikan kesiapan jaringan broadband dan ketersediaan ragam layanan digital bagi aktivitas telekomunikasi para pelanggan.

Hal tersebut, menyambut momen Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Selamat memperingati Hari Natal bagi masyarakat yang merayakan dan selamat menyambut Tahun Baru dengan penuh optimisme,” kata Direktur Network Telkomsel Nugroho, Senin (19/12/2022).

Menurut dia, setiap tahun Telkomsel secara konsisten terus membuka lebih banyak potensi kemajuan bagi pelanggan untuk mendapatkan pengalaman dalam menikmati kemeriahan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Dengan Program Telkomsel Siaga, pihaknya berupaya menunjang aktivitas telekomunikasi dan digital dengan menyiapkan kapabilitas teknologi jaringan broadband, kapasitas, cakupan jaringan yang merata dan setara hingga pelosok negeri,” ucapnya.

Disampaikan, menyongsong pergantian tahun kali ini pihaknya juga ingin menyatukan semangat bangsa dengan optimisme, melampaui keterbatasan untuk terus berdaya dan bangkit lebih kuat.

“Selama momen perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Telkomsel memproyeksikan adanya lonjakan trafik layanan data (payload) sebesar 17,6 persen dibandingkan dengan rerata hari biasa, dengan total payload diperkirakan mencapai 52,5 petabyte atau tumbuh 19,1 persen apabila dibandingkan dengan periode Nataru tahun sebelumnya,” kata dia.

Ia mengatakan, proyeksi pertumbuhan layanan data tersebut diperkirakan akan didorong oleh lonjakan pada sejumlah pemanfaatan akses layanan berbasis digital, mulai dari layanan media sosial yang diprediksi tumbuh sekira 31,7 persen.

“Selain layanan komunikasi (instant messaging dan video conference) melonjak 27,8 persen, layanan streaming video meningkat sekira 29,4 persen, layanan mobile gaming melonjak hingga 18,6 persen, akses browsing naik 24,1 persen, dan akses layanan e-commerce tumbuh sekira 35 persen,” ujarnya.

Ia memperkirakan trafik pada layanan SMS akan meningkat sebesar 7,9 persen, dan layanan panggilan suara akan turun 3 persen.

Sebagai upaya mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi tersebut, Telkomsel telah melakukan sejumlah optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan pada 493 titik wilayah prioritas di seluruh Indonesia, yang berpotensi mengalami pertumbuhan trafik telekomunikasi secara signifikan.

Dikatakan, fokus wilayah prioritas tersebut mencakup 363 area spesial (seperti alun-alun dan pusat perbelanjaan), 59 titik pemberangkatan transportasi umum, 21 titik jalur utama mudik, 47 area residensial, 1 rumah sakit pusat penanganan COVID-19, dan 2 tempat ibadah.

Nugroho mengatakan, Telkomsel juga akan mengintegrasikan hingga 25.000 unit BTS 4G/LTE baru, menyiagakan tambahan 61 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), dan meningkatkan kapasitas internet gateway hingga 9,212 Gbps.

Bahkan, Telkomsel melakukan optimalisasi network coverage pada lebih dari 196.000 BTS 4G/LTE se-Indonesia dan melaksanakan pemantauan 24 jam secara remote/virtual.

Sementara itu, Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit mengatakan, perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 merupakan momen bahagia yang penuh kebersamaan dan harapan yang dinanti oleh seluruh keluarga Indonesia.

Ia berharap komitmen Telkomsel untuk selalu mengedepankan prinsip customer centricity dalam menghadirkan kemudahan akses produk dan layanan terkini.

Juga, akan memberikan pengalaman aktivitas berkualitas guna membuka lebih banyak potensi kemajuan bagi masyarakat dalam melewati semua tantangan di tiap fase kehidupan. ***