BISNIS

Utamakan Keselamatan dan  Kenyamanan, KAI Daop 2 Bandung Himbau Pelanggan untuk Membawa Barang Bawaan Secukupnya Saja

×

Utamakan Keselamatan dan  Kenyamanan, KAI Daop 2 Bandung Himbau Pelanggan untuk Membawa Barang Bawaan Secukupnya Saja

Sebarkan artikel ini

KAPOL.ID – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk memperhatikan ketentuan barang bawaan yang dibawa ke dalam kereta api. Hal ini dilakukan demi menjaga keamanan, kenyamanan, dan keselamatan bersama selama perjalanan mudik Lebaran 2025.

Manager Humasda KAI Daop 2 Bandung, Kuswardojo, menyampaikan bahwa kebijakan ini bertujuan untuk memastikan kenyamanan penumpang di dalam kereta serta menghindari potensi gangguan yang dapat terjadi akibat barang bawaan yang berlebihan. “Kami mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk mematuhi ketentuan ini demi kenyamanan dan keselamatan bersama. Barang yang berukuran besar atau berat berlebih dapat mengganggu ruang gerak pelanggan lain serta berpotensi menimbulkan risiko keselamatan,” ujar Kuswardojo.

Untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan perjalanan bagi para pelanggan, pelanggan juga dapat memanfaatkan layanan jasa porter yang tersedia di stasiun untuk membantu membawa barang bawaannya saat menuju dan dari kereta. Layanan porter ini bertujuan untuk memberikan kemudahan pelanggan saat menuju dan dari kereta, terutama bagi pelanggan yang membawa banyak barang atau memiliki keterbatasan dalam mobilitas.

Kuswardojo menambahkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, setiap pelanggan diperbolehkan membawa barang bawaan dengan berat maksimal 20 kg dan volume maksimal 100 dm³ (dengan dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 30 cm). Barang yang melebihi batas tersebut tidak diperkenankan untuk dibawa ke dalam kereta dan pelanggan dapat menggunakan layanan bagasi yang telah disediakan oleh KAI.

Sebagai bentuk pelayanan tambahan, KAI juga menyediakan jasa ekspedisi layanan bagasi bagi pelanggan yang membutuhkan pengiriman barang dengan ukuran dan berat melebihi ketentuan yang diperbolehkan. Informasi lebih lanjut mengenai layanan bagasi tersebut dapat diperoleh di Stasiun Bandung, Kiaracondong, Leles, Cipendeuy, Tasikmalaya, dan Banjar.

Terkait informasi Angkutan Lebaran 2025, dari pantauan data (update pada Minggu, 23 Maret 2025) tercatat ada 13.838 pelanggan di hari pertama Angkutan Lebaran 2025 (Jumat, 21 Maret 2025), 14.441 pelanggan di hari kedua (Sabtu, 22 Maret 2025), dan 13.412 pelanggan di hari ketiga (Minggu, 23 Maret 2025). Sejunlah pelanggan tersebut telah diberangkatkan dari berbagai stasiun di wilayah Daop 2 Bandung dengan 29 KA yang disediakan keberangkatan dari Daop 2 Bandung.

KAI Daop 2 Bandung terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dengan menghadirkan perjalanan yang aman, nyaman, dan tertib. Diharapkan dengan adanya kepatuhan terhadap ketentuan barang bawaan ini, seluruh pelanggan dapat menikmati perjalanan yang lebih aman dan nyaman.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai jadwal perjalanan, ketersediaan tiket, dan aturan terkait, pelanggan dapat memanfaatkan layanan Contact Center KAI 121 melalui telepon 121/(021) 121, WhatsApp 0811-1211-1121, email cs@kai.id, atau melalui media sosial resmi KAI. ***