KANAL  

Agar Jadi Nelayan Juara, Puluhan Nelayan Cipatujah Dilatih

Nelayan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya ikuti pelatihan penguatan kelembagaan di Aula mes Pemda Pamayangsari Kecamatan Cipatujah Senin (27/12/2021). ***

KAPOL.ID-Perkuat kelembagaan, nelayan di Pamayangsari, Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya diberi pelatihan di aula Mes Pemda Kabupaten Tasikmalaya pada Senin (27/12/2021)

Puluhan nelayan yang biasa meluat di kawasan Pantai Selatan Tasikmalaya itu diberi pemahaman banyak hal. Itu sengaja agar nelayan Tasikmalaya bisa jadi nelayan juara.

Salah satunya bagaimana para nelayan bisa memiiki usaha lain yang produktif selain melaut oleh Konsultan dari Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kabupaten Tasikmalaya.

Pelatihan pengenbangan kelembagaan nelayan kecil di Kabupaten Tasikmalaya itu dibuka secara langsung oleh Kabid Kelautan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Kelautan Kabupaten Tasikmalaya Asep Maman.

Hadir dalam kesempatan itu, Camat Cipatujah Darya SIp, Ketua HNSI Kabupaten Tasikmalaya, Dedi Mulyadi dan juga tokoh nelayan di Kecamatan Cipatujah dan Cikalong.

Kabid Kelautan, Asep Maman mengatakan, potensi sumberdaya alam yang ada di Laut Selatan sangat melimpah. Namun sayang potensi itu, masih belum bisa teegali secara maksimal.

Asep Maman mengharapkan, nelayan bisa memiliki kemampuan dalam mengelola sumberdaya yang ada di Pantai Selatan Tasikmalaya.

“Kami mengharapkan para nelayan itu bisa terus berkembang. Tidak hanya fokus melaut saja tetapi bisa menekuni usaha lain yang juga produktif,” katanya.

Ia mencotohkan potensi ikan sidat di pantai selatan masih sangat melimpah dan itu masih belum dimanfaatkan secara optimal.

Bisa saja ke depan nelayan menggeluti usaha budidaya ikan sidat atau nila dengan memanfaatkan sistem bioflok dan juga kolam terpal yang tidak membutuhkan lahan luas.

“Ini jadi tanggung jawab HNSI ke depan bagaimana nelayan itu punya usaha lain selain melaut,” katanya.

Ketua HNSI Kabupaten Tasikmalaya, Dedi Mulyadi mengakui saat ini aktifitas nelayan di Tasikmalaya khususnya di Cipatujah fokus melaut.

Namun jika kondisi cuaca buruk, sebagian nelayan bertani saja. Terapi jika ada usaha lain yang produktif bisa sangat bagus untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan.

“Memang ke depan para nelayan harus memiliki usaha lain yang produktif di samping juga melaut. Karena melaut itu tidak bisa dilakukan setiap saat. Ada kalanya cuaca buruk nelayan tidak bisa melaut,” Katanya.

Camat Cipatujah, Darya siap mendukung langkah nelayan Cipatujah dalam meningkatkan kapasitas dan juga membuka usaha lain di samping melaut.

“Apapun yang diinginkan nelayan kami siap memberikan rekomendasi, demi masa depan nelayan yang lebih baik.

Pelatihan sendiri dipandu oleh Sekretaris HNSI Kabupaten Tasikmalaya Eet Riswan dengan pemateri Ojang Badrujaman, Frima Purnama S dari Plut Tasikmalaya, Inan Sunandar dari Kadin Tasikmalaya juga Abdul Latif praktisi media.

Pelatihan tersebut pun disambit baik oleh para nelayan karena bisa menambah wawasan dan pengalaman nelayan untuk mencoba membuka usaha lain di samping melaut.

“Ini sangat sesuai dengan keinginan saya, jadi pwlatihan ini sangat membantu para nelayan di daerah,” kata Lili Peserta pelatihan.***