Oleh Ariska Maulana Yusup
Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
Globalisasi menimbulkan terbukanya pasar yang semakin luas. Bagi para pelaku usaha, kondisi seperti ini dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Karena dengan kondisi yang demikian dapat memberikan kesempatan kepada para pelaku usaha untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bahwa kondisi seperti ini dapat menjadi “boomerang” dalam dunia bisnis. Jika para pelaku usaha tidak mampu berinovasi menciptakan produk yang dapat menarik minat para konsumen. Terbukanya pasar yang semakin luas, maka akan bermunculan para kompetitor baru dan menimbulkan persaingan dalam dunia bisnis yang semakin ketat.
Salah satu persaingan yang ketat saat ini yaitu terjadi di bidang fashion di mana banyak bermunculan brand-brand baru di pasaran. Tren fashion yang terus berubah-ubah membuat para pelaku usaha yang bergerak di bidang fashion semakin berkembang. Salah satu brand yang selalu up to date terhadap tren fashion yaitu Brodo. Brand ini menjual produk inti yaitu alas kaki mulai dari sepatu hingga sandal. Produk sepatu di Brodo ini terbagi dari beberapa jenis sepatu yaitu, sepatu formal dan casual, sneakers, serta boots.
Selain itu ada juga formal sandal dan casual sandal. Serta produk tambahan yaitu non-footwear yang terdiri dari atasan, bawahan hingga aksesoris. Untuk atasan memiliki beberapa varian seperti outer, kaos, kemeja dan juga polo. Sedangkan untuk bawahan hanya ada dua varian yaitu jeans dan chino. Untuk akesoris, Brodo mengeluarkan produk belt, dompet, tas dan juga parfume.
Produk-produk yang diluncurkan oleh brand Brodo ini menanamkan nilai stylish, berkualitas tinggi, dengan harga terjangkau. Di mana hal tersebut menjadi keunggulan Brodo karena meluncurkan produk selalu memperhatikan tren yang sedang terjadi. Sehingga tampilan produk akan tetap stylish, dengan bahan berkualitas tinggi. Seperti dalam produk sepatu formal dan aksesoris (belt, tas, dan dompet) menggunakan bahan kulit premium sehingga tidak mudah rusak.
Walaupun bahan yang digunakan premium berkualitas tinggi, penentuan harga produk Brodo ini relatif terjangkau dibanding brand-brand sepatu lokal lainnya. Ukuran footwear yang tersedia bervariatif size yang tersedia di Brodo hingga 47. Hal tersebut jarang ditemukan di brand sepatu lokal lainnya.
Keunggulan lainnya yaitu penerapan strategi bauran produk yang ditetapkan tepat sasaran. Para konsumen memiliki banyak alternatif pilihan produk yang dapat dibeli di brand Brodo.
Inovasi
Sebagai saran, Brodo dapat berinovasi lebih jauh dalam produknya seperti para kompetitor yang melakukan collab dengan brand lain. Hal tersebut membuat produk yang diluncurkan lebih unik dan menarik. Di samping itu, brand awarenes Brodo masih kurang mem-booming seperti kompetitor lainnya.
Padahal Brodo memiliki potensi yang sangat bagus dan pernah menjadi official merchandise Asian Games 2018.
Untuk sekelas brand lokal yang bergerak di bidang fashion footwear, produk Brodo ini memiliki daya diterima yang cukup bagus di masyarakat Indonesia.
Hal ini tebukti dengan melihat data pergerakan tren pencarian merek sepatu lokal pada tiga tahun pertama peluncuran.
Berdasarkan data grafik pergerakan tren pencarian merek sepatu lokal, pada awal tahun pertama peluncuran, produk Brodo sudah banyak dicari hingga tahun ketiga data grafik semakin meningkat. Hingga saat ini produk Brodo masih memiliki daya diterima yang tinggi di para konsumen Indonesia.
Hal ini terlihat dari data penjualan di salah satu marketplace yaitu Shopee. Produk sepatu Brodo bisa terjual kisaran 1.000-4.000 produk untuk satu jenis sepatu, belum dari marketplace lainnya dan juga toko offline. Brand Brodo ini dalam setiap bulannya berhasil menghasilkan 100.000 pasang sepatu per 2023.***