BISNIS  

CBC, Pasarnya Produk UMKM Desa Cipakat

Wakil Bupati Tasikmalaya, Cecep Nurul Yakin memotong pita tanda meresmikan CBC. (Foto: kapol.id)

KAPOL.ID–Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) memprakarsai pembangunan Gedung Cipakat Business Center (CBC). Lokasinya di Desa Cipakat, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya.

Wakil Bupati Tasikmalaya, Cecep Nurul Yakin meresmikan CBC, Rabu (26/1/2022); bersama dengan (LKM) Paguyuban Warga Desa (PWD) Cipakat, Muspika dan pihak-pihak terkait lainnya. Ke depan, gedung ini akan menjadi “pasar” bagi produk UMKM yang tumbuh di sekitar Desa Cipakat.

“Kami mendorong supaya LKM PWD Cipakat ini bergerak dan dijadikan contoh dan ditiru oleh desa-desa yang lainnya. Harus berkembang. Karena kalau sudah ada role modelnya nanti akan mudah ditransfer programnya ke tempat lain,” ujar Cecep.

Pentingnya sebuah contoh yang baik, lanjut politikus PPP itu, pihak lain akan dengan sendirinya meniru sekalipun tidak ada yang mendorong dan mengarahkan. Sekalipun demikian, katanya, virus posotif tetap hatus ditularkan, terutama dalam hal ini terhadap desa-desa yang memiliki Bumdes.

Sebagai wakil bupati, Cecep sangat berharap perekonomian di setiap desa tumbuh. Apalagi pemerintah desa memiliki akses hingga ke pemerintah pusat, sebagaimana ketentuan dalam Undang-undang Desa.

“Kabupaten juga tidak akan tumbuh kalau desa nya tidak ikut dalam menumbuhkan ekonomi masyarakat. Buat desa itu leluasa, karena kata Undang-undang tentang Desa bahwa sumber pendapatan desa itu ada yang dari pusat dan provinsi,” lanjutnya.

Untuk itu, Cecep mengharapkan para kepala desa mampu berinovasi dan berkolaborasi dengan semua stakeholder yang ada. Apalagi desa di Kabupaten Tasikmalaya mempunyai potensi produk dan komoditas yang unggul. Tinggal manajerial dan pemasarannya.

Cecep sendiri mengaku akan berkoordinasi dengan Bupati Tasikmalaya terkait kemungkinan menerbitkan surat edaran, yaitu agar masyarakat memprioritaskan belanja hasil produksi masyarakat dan petani asal Kabupaten Tasikmalaya.

Sementara Koordinator LKM PWD Cipakat, Sandra Muhammad Firdaus mengemukakan bahwa di samping wadah berhimpunnya UMKM; gedung CBC juga sebagai tempat pembinaan, pelatihan, perizinan, pemasaran termasuk permodalan bagi UMKM.

“Di sini baru 115 UMKM yang terdaftar. Usulan pembangunan CBC sendiri pada 2019, baru terealisasi pada 2021, dan hari ini diresmikan. Di Kabupaten Tasikmalaya sudah ada dua gedung seperti ini, sama yang di Desa Sukaraja, Kecamatan Rajapolah,” pungkasnya.