“Effect Base Operation” Hancurkan Niat Musuh Bertempur

  • Bagikan
Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han)., menjelaskan Effect Base Operation (EBO) secara virtual kepada Pasis Seskoau Angkatan Ke-58 dan dihadiri secara langsung Wadanseskoau, Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T., M.M., beserta pejabat, dosen, dan patun di Bangsal Srutasala, Seskoau, Lembang.

KAPOL.ID – Selama ini konsep strategi operasi berorientasi secara tradisional dalam kampanye militer selalu mendefinisikan bahwa tujuan operasi adalah berupa kerusakan fisik sasaran yang telah ditetapkan atau dapat dikatakan setiap operasi militer hanya bersifat penghancuran saja.

Oleh karena itu dalam rangka merencanakan strategi operasi, Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han)., menjelaskan Effect Base Operation (EBO) secara virtual kepada Pasis Seskoau Angkatan Ke-58 dan dihadiri secara langsung Wadanseskoau, Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T., M.M., beserta pejabat, dosen, dan patun di Bangsal Srutasala, Seskoau, Lembang, Senin (1/3/2021).

Dikatakan mengambil pelajaran dari Perang Teluk pertama tahun 1991, sebaiknya tujuan kampanye militer lebih kepada fokus efek yang diharapkan dengan alasan yang jauh lebih menguntungkan daripada sekedar hanya mengharapkan kerusakan atau kehancuran fisik sasaran.

Menurutnya, mengutip JFCOM JWFC Doctrine Pamphlet 7 yang menjelaskan EBO merupakan operasi yang direncanakan, dilaksanakan, dinilai, dan diadaptasi berdasarkan pemahaman menyeluruh tentang lingkungan operasi untuk mempengaruhi atau mengubah perilaku atau kemampuan sistem dengan menggunakan aplikasi terintegrasi dari instrumen negara yang dipilih untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Danseskoau mengatakan penting untuk mempelajari EBO karena sebuah konsep baru perencanaan dalam operasi militer yang gesit, lincah, cepat, dan mudah beradaptasi dengan konflik yang sedang dihadapi.
“Tujuannya untuk mengembangkan kemampuan yang dapat dengan cepat menghancurkan kemauan musuh untuk bertempur dan merusak sumber kemampuan asimetrik musuh,” jelasnya.

  • Bagikan