Foto KH. Zainal Musthafa yang Asli Ditemukan, yang Beredar Selama Ini Hanya Lukisan

  • Bagikan
Penulis Biografi KH. Zainal Musthafa Asy-syahid, Iip D. Yahya, menyimak sambutan KH. Atam Rustam.

KAPOL.ID – Pertemuan antara pihak keluarga KH. Zainal Musthafa dengan penulis Iip D. Yahya, pertengahan tahun 2019 berbuah manis. Lahirlah Biografi KH. Zainal Musthafa Asy-syahid yang dicetak perdana 18 Februari 2021.

Buku bertajuk Ajengan Sukamanah itu dibedah KNPI Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu malam (21/8/2021).

KH. Drs. Atam Rustam, M.Si, cicit KH. Zainal Musthafa, mengaku terkejut, karena selama proses penelitian membuka perspektif baru.

“Penemuan foto KH. Zainal Musthafa berdasarkan dokumentasi keluarga Pesantren Cilenga, sangat menggembirakan kami. Selama puluhan tahun tidak ada yang bisa menghadirkan gambaran tepat mengenai wajah beliau,” katanya.

Gambar wajah KH. Zainal Musthafa yang beredar selama ini, menurut KH. Atam, hanyalah lukisan berdasar ingatan keluarga.

“Kami atas nama Pondok Pesantren Sukamanah memberitahukan bahwa foto yang beredar selama ini, yang ada dalam buku sejarah itu sudah diganti dengan foto yang ada di dalam buku yang ditulis oleh Kang Iip,” ujar KH. Atam.

Bedah biografi Ajengan Sukamanah itu dihadiri Wakil Bupati, H. Cecep Nurul Yakin melalui perangkat telewicara zoom, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, H. Apip Ipan Permadi, Ketua MPI KNPI Kabupaten Tasikmalaya, H. Demi Hamzah, dan unsur Forkopimda Kabupaten Tasikmalaya beserta pengurus DPD KNPI Kabupaten Tasikmalaya.

Ketua KNPI Tasikmalaya, Nana Sumarna, memandang bedah buku itu sangat berarti bagi kalangan muda tatar Sukapura.

“Kita baru mengenal nama jalannya saja. Sedangkan tentang sosok dan nilai-nilai yang diperjuangkan banyak yang tidak tahu,” katanya seraya menandaskan kedirian KH. Musthafa mesti jadi inspirasi para pemuda di Kabupaten Tasikmalaya.

Bedah buku dipandu Neni Nurhayati, menghadirkan para pemantik diskusi, Iip D. Yahya (Penulis), Basuki Rahmat (Ketua AMS Kabupaten Tasikmalaya), dan Duddy RS (Jurnalis).

  • Bagikan