BISNIS

Harga Mentimun Anjlok, Sebagian Petani Malah Mulai Menanam

×

Harga Mentimun Anjlok, Sebagian Petani Malah Mulai Menanam

Sebarkan artikel ini
Harga Mentimun
Ace sedang merawat tanaman mentimunnya yang berusia dua puluh hari. Ia yakin harga mentimun nanti tidak serendah hari ini. (Foto: kapol.id/Adji Shg)

KAPOL.ID — Harga mentimun memang anjlok. Bandar membeli mentimun dari petani hanya Rp 500 per kilo.

Kondisi demikian tidak menyurutkan semangat petani untuk menanam. Padahal biaya tanam begitu besar.

Untuk menghindari kerugian lebih besar lagi, sebagian petani mengalihkan bertani pada jenis sayuran lain. Namun tidak demikian dengan Ace.

Petani sayuran asal Desa Cigadog Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya tersebut malah kembali menanam mentimun. Padahal baru saja mengalami kerugian.

“Saat ini memang harga mentimun sedang jatuh, hingga 500 per kilo. Tetapi harga tersebut kan tidak mungkin selamanya. Kami tahu naik dan turunnya harga sayuran tidak terprediksi,” kata Ace di kebunnya, Selasa (2/4/2024).

Hal tersebut lah yang mendorong kebulatan tekad Ace, untuk memilih menanam sayuran jenis mentimun. Kini ia menanam sebanyak 3.200 pohon mentimun.

Usia tanaman mentimun milik Ace kini memasuki dua puluh hari. Ia memprediksi kalau dua puluh lima hari ke depan akan mulai panen.

Sedangkan untuk penjual, Ace biasa menjual mentimun di kebun, langsing ke bandar yang biasa datang. Dalam taksirannya, panen pertama akan menghasilkan minimal 1,5 sampai 2 kuintal.

“Kami optimis, mudah-mudahan dua puluh hari yang akan datang, atau setelah lebaran, harga per kilonya tidak akan serendah yang sekarang,” pungkas Ace.

Support KAPOL with subscribe, like, share, and comment

Youtube : https://www.youtube.com/c/kapoltv

Portal Web : https://kapol.tv/
Portal Berita : https://kapol.id/
Facebook : https://www.facebook.com/kabar.pol
Twiter : https://twitter.com/kapoltv