KAPOL.ID –
Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) memastikan liburan tetap seru, serta tetap nyaman berselancar di media sosial.
Dengan mengoptimalkan jaringan di lebih dari 15.731 lokasi prioritas dan meningkatkan kapasitas di 415 titik strategis. Seperti mencakup tempat ibadah, bandara, stasiun kereta api, dan tempat wisata.
Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi lonjakan trafik data selama natal dan tahun baru. Diproyeksikan meningkat sekitar 16,58% dibandingkan dengan trafik rata-rata harian.
“Untuk menyambut Natal dan Tahun Baru, kami berkomitmen menghadirkan pengalaman digital terbaik.”
“Agar pelanggan dapat berkomunikasi dan menikmati hiburan yang nyaman,” kata Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.
Indosat telah mengoptimalkan layanannya melalui dukungan Digital Intelligence Operations Center (DIOC). DIOC berfungsi untuk memonitor dan menjaga performa jaringan secara real-time.
Juga meningkatkan kapasitas jaringan hingga 33% dibandingkan rata-rata harian untuk mengantisipasi lonjakan trafik selama Nataru 2024/2025.
Berkaca dari tahun lalu, trafik diproyeksikan meningkat seiring tingginya penggunaan aplikasi populer. Seperti WhatsApp, TikTok, Instagram, Facebook, dan YouTube, serta game online seperti Mobile Legends, Roblox, dan PUBG.
Kenaikan trafik data terbesar diprediksi terjadi di wilayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Jabotabek. Kemudian Jawa non-Jabotabek, dan Bali Nusra, yang menjadi destinasi favorit masyarakat selama perayaan Natal dan Tahun Baru.
Jawa Barat
Di wilayah Jawa Barat proyeksi lonjakan trafik data akan meningkat sekitar 9.97%. Paling tinggi terjadi di daerah tujuan wisata Pangandaran, Cianjur, Kabupaten Bandung dan Kuningan.
Indosat telah mengoptimalkan 34 Point of Interest (POI) yang diperkirakan akan mengalami peningkatan aktivitas masyarakat. Seperti diantaranya Alun-Alun Bandung, Gasibu, Bandara Hussein, Stasiun KCIC Padalarang, Ciater. Kemudian Pantai Pangandaran, Pantai Santolo Garut, Kawasan Cipanas Cianjur, Rest Area Toll (Km 125), Rest Area Toll (Km 166).
Optimalisasi ini mencakup penguatan kapasitas dan performa jaringan di 1.326 BTS. Dan menyiagakan 1 unit Mobile Based Transmission Station (MBTS) yakni di area wisata Ciater.
Upaya ini dilakukan untuk menjamin pelanggan dapat menikmati pengalaman digital tanpa gangguan. Baik untuk bersilaturahmi secara virtual, berbagi momen kebahagiaan, maupun mengakses layanan digital lainnya.
Selain penguatan jaringan, Indosat juga mengaktifkan Command Center selama 24 jam yang terletak di Bandung dan akan beroperasi mulai 24 Desember 2024 hingga 1 Januari 2025. Didukung oleh Network Operation Center berbasis AI/ML (Artificial Intelligence/Machine Learning) dan otomasi.
Teknologi ini digunakan untuk memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara berkala di masa liburan Nataru.
Promo
Selain itu, Indosat juga berbagi kebahagiaan dan menebar kehangatan untuk masyarakat termasuk kepada 1.000 anak yatim di seluruh Indonesia. Momentum penuh kasih untuk berbagi ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) Indosat di bawah pilar Filantropi.
Dengan mengusung tema ‘Indosat Berbagi Kasih’ inisiatif ini menjadi penutup dari rangkaian bulan berbagi Indosat sepanjang Desember 2024.
Tidak hanya itu, Indosat juga turut memberikan berbagai kebahagiaan untuk pelanggan setia IM3, Tri dan HiFi di seluruh Indonesia dengan berbagai promo menarik.
Pelanggan IM3 dapat menikmati Freedom Internet Baru dengan kuota yang makin besar di jaringan yang luas dan stabil. Sementara untuk pelanggan Tri, penawaran program khusus akhir tahun Wondercember dapat dinikmati di aplikasi bima+, dengan berbagai hadiah spesial mulai dari kuota, e-wallet, gadget, hingga motor listrik.
Untuk pelanggan internet, nikmati promo Akhir Tahun Indosat HiFi yang menawarkan speed booster up to 150Mbps dan hemat sampai 30% selama 3 bulan.
“Langkah-langkah strategis yang telah dilakukan untuk mendukung kebutuhan digital pelanggan. Terutama pada momen perayaan yang semakin bergantung pada konektivitas.”
“Kami ingin agar pelanggan dapat merasakan pengalaman digital yang seamless. Baik saat berbagi momen indah di media sosial, terhubung dengan keluarga dan kerabat, maupun bermain game online favorit mereka,” tutup Vikram.***