Jembatan Cirahong, Tempat Ngabuburit Legendaris

1.008

JIKA anda masih bingung akan ke mana ngabuburit sore ini, tidak ada salahnya mencoba spot legendaris Jembatan Cirahong. Tempat yang tak pernah sepi dikunjungi para pelintas batas Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya ini merupakan salah satu favorit untuk ngabuburit.

Jembatan multifungsi ini membentang di atas Sungai Citanduy menghubungkan Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya dengan Desa Panyingkiran, Kabupaten Ciamis. Bagian atas dari jembatan berfungsi sebagai jalur kereta api serta bagian bawahnya bisa dilalui kendaraan bermotor roda dua dan mobil ukuran kecil.

Letak jembatan ini persis di sebelah timur Stasiun Manonjaya Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung, jembatan ini memiliki nomor register BH 1290. Mulai dibangun pada tahun 1893 yang merupakan bagian dari pembangunan rel kereta api jalur selatan di Pulau Jawa oleh Pemerintah Belanda.

Saat ini jembatan selain menjadi jalur utama kereta api yang menghubungkan  Daop 2 Bandung dan Jawa Tengah serta Jawa Timur, berfungsi juga sebagai jalur terpendek yang bisa dilintasi masyarakat dari Ciamis ke Tasikmalaya maupun sebaliknya.

Sempitnya lorong membuat masyarakat pengguna harus rela bergantian antri di mulut jembatan yang diatur oleh petugas di kedua sisi. Namun hal ini tidak mengurangi antusiasme masyarakat untuk menggunakannya.

Di samping sebagai sarana transportasi, tempat ini cocok juga buat pehobi fotografi . Banyak diantaranya mengabadikanmomen ketika jembatan dilintasi kereta api di atasnya. Saat bulan puasa seperti ini banyak pula yang memanfaatkan sebagai spot untuk ngabuburit sebelum melanjutkan berburu kuliner ke daerah Alun-alun Ciamis. (Dede/pelbagai sumber)***

Diskusikan di Facebook