KAPOL.ID – Sejak dijalankan kebali pada Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025 pada 1 Februari 2025 lalu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung berkomitmen menghadirkan pengalaman perjalanan yang tidak hanya nyaman dan aman, tetapi juga menyajikan keindahan panorama alam khas Bumi Parahyangan melalui layanan KA Parahyangan.
KA Parahyangan yang melayani relasi Bandung – Gambir PP merupakan salah satu primadona transportasi antarkota yang melewati jalur penuh pesona alam pemandangan, mulai dari hamparan sawah hijau, perbukitan, hutan, hingga lembah dan jembatan tinggi yang menawan di wilayah Jawa Barat. Jalur ini dikenal sebagai salah satu lintasan paling indah di Pulau Jawa.
“KA Parahyangan bukan hanya menjadi sarana transportasi, tapi juga bagian dari pengalaman wisata itu sendiri. Banyak pelanggan yang bepergian dari Bandung ke Jakarta ataupun sebaliknya dengan KA Parahyangan ini untuk kepentingan bisnis, rutinitas pekerjaan atau berwisata. Salah satu keunggulan dari KA Parahyangan adalah jam keberangkatan dan kedatangan yang relatif sesuai dengan rutinitas serta langsung menuju pusat ibu kota sembari menikmati keindahan alam Bumi Parahyangan langsung dari balik jendela kereta,” ujar Manager Humasda KAI Daop 2 Bandung, Kuswardojo.
Kuswardojo menjelaskan layanan yang dihadirkan pada KA Parahyangan terdapat layanan kelas Ekononi, Eksekutif, Panoramic, Priority, hingga Luxury, pelanggan dapat menikmati perjalanan dengan fasilitas yang aman, nyaman, serta keberangkatan dan kedatangan yang tepat waktu. Pemandangan indah dapat dinikmati di sepanjang jalur, terutama pada rute Padalarang – Purwakarta, yang membelah perbukitan hijau dan sawah membentang.
“Bagi masyarakat yang ingin menikmati perjalanan ke Jakarta atau sebaliknya ke Bandung, KA Parahyangan menjadi pilihan yang tepat. Selain efisien, perjalanan dengan kereta ini menjadi momen menyegarkan mata dan pikiran,” tambah Kuswardojo.
Sejak dioperasikan pada 1 Februari lalu hingga 12 Juni 2025, data menunjukkan terdapat 300.058 pelanggan menggunakan KA Parahyangan pada kelas ekonomi dan eksekutif, 7.926 pelanggan menggunakan KA Parahyangan kelas panoramic, 2.087 pelanggan menggunakan KA Parahyangan kelas priority, dan 1.405 pelanggan menggunakan KA Parahyangan kelas luxury.
Pada Gapeka 2025, PT KAI Daop 2 Bandung menyediakan 5 perjalanan regular KA Parahyangan Bandung – Gambir PP, dengan jadwal keberangkatan dari Bandung pukul 05.00 WIB, pukul 06.35 WIB, pukul 11.05 WIB, pukul 13.05 WIB, dan pukul 19.25 WIB.
“PT KAI terus berupaya meningkatkan layanan dan menjadikan perjalanan kereta api sebagai pilihan utama yang tidak hanya cepat dan aman, tetapi juga menyenangkan dan berkesan,” pungkas Kuswardojo.
Informasi terkait perjalanan kereta api dapat diakses melalui aplikasi Access by KAI pada smartphonelayanan Contact Center KAI 121 melalui telepon 121/(021) 121, WhatsApp 0811-1211-1121, email cs@kai.id, atau media sosial resmi KAI. ***