Kapolres Tasik Sesalkan Banyak Mobil Bak Terbuka Dipakai Ngangkut Orang Berwisata

Bak Terbuka
Banyak masyarakat menggunakan mobil bak terbuka untuk berwisata. Kapolres Tasikmalaya menyayangkan. (Foto: kapol.id/Amin R. Iskandar)

KAPOL.ID–Pelaksanaan pengamanan lebaran 2022 sudah berakhir. Berbagai catatan dari proses kegiatan tahunan masyarakat akan menjadi bahan evaluasi untuk kegiatan serupa pada tahun berikutnya. Termasuk penggunaan mobil bak terbuka.

Salah satu yang menjadi catatan pihak kepolisian, khususnya Polres Tasikmalaya, adalah masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam menggunakan mobil jenis angkutan umum.

“Selama pemantauan kegiatan mudik dan setelah lebaran, kami punya beberapa catatan. Di ataranya, kemarin kami masih menemukan adanya mobil angkutan jenis bak terbuka yang dimodifikasi, sehingga bisa mereka gunakaan untuk mengangkut orang saat berwisata,” terang Kapolres Tasikmalaya, AKBP Rimsyahtono, Senin (9/5/2022).

Padahal dalam peraturannya, kata Rimsyahtono, tidak boleh karena sangat membahayakan baik bagi penumpang maupun pengemudinya. Toh jenis kendaraan bak terbuka bukan untuk mengangkut orang, tapi khusus mengangkut barang.

Larangan menggunakan mobil seperti itu, bukan hanya berlaku pada saat kegiatan lebaran, namun termasuk pada hari-hari biasa. Sehingga pihak Polres Tasikmalaya bisa saja menindaknya.

“Kalau masih tetap mereka gunakan, dan ketahuan oleh anggota Satuan Lalu Lintas Polres Tasikmalaya, pasti akan kami tindak, karena itu jelas melanggar aturan lalu lintas,” lanjut Rimsyahtono.

Sementara Kasatlantas Polres Tasikmalaya, AKP Ryan Faisal menegaskan bahwa pihaknya juga sudah sering kali memberikan peringatan kepada masyarakat, agar tidak menggunakan bak terbuka untuk bepergian sambil mengangkut orang.

Ryan juga mencontohkan bahwa tiga bulan lalu terjadi kecelakaan di daerah Warungpeuteuy, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya. Kecelakaan tersebut melibatkan kendaraan jenis bak terbuka.

“Waktu itu ada rombongan ibu-ibu yang mau ke pengajian, menggunakan mobil bak terbuka yang memakai saung. Saat ngebut dan melewati belokan, mobil tersebut kehilangan kendali. Lalu oleng dan terbalik. Penumpangnya pun tumpah dan mengalami luka-luka hingga ke rumah sakit,” tutup Ryan.

Support KAPOL with subscribe, like, share, and comment

Youtube : https://www.youtube.com/c/kapoltv

Portal Web : https://kapol.tv/
Portal Berita : https://kapol.id/
Facebook : https://www.facebook.com/kabar.pol
Twiter : https://twitter.com/kapoltv
Instagram : https://www.instagram.com/kapol_id