Komisi II DPR, Mohamad Muraz: Segera Sertifikatkan Tanah melalui Program PTSL!

  • Bagikan
Mohamad Muraz mendorong masyarakat untuk segera mensertifikatkan tanah miliknya, untuk meminimalisir terjadinya konflik. (Foto: suara.com)

KAPOL.ID–Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mencetuskan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Program ini juga sudah berkali-kali disosialisasikan.

Pada Jumat (10/9/2021), sosilaisai program PTSL berlangsung di Pangrango Resort, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Anggota Komisi II DPR RI, Mohamad Muraz terlibat di dalamnya. Katanya, masyarakat harus segera mendaftarkan sertifikat tanah melalui program PTSL tersebut.

Muraz sendiri menekankan bahwa sertifikasi tanah sangat penting. Lantaran sertfikat tersebut akan memberi jaminan kepastian serta perlindungan hukum secara sah atas kepemilikan tanah.

“Ada orang yang tanahnya telantar enggak diurus, tiba-tiba dilewati jalan tol, baru ramai. Ternyata sudah digarap oleh orang lain. Anda tidak punya bukti-buktinya. Ternyata mungkin ada yang memalsukan (sertifikat tanahnya, Red.) dan sebagainya. Itu jadi permasalahan,” kata Muraz, seperti dilansir suara.com, media jejaring kapol.id.

Di samping itu, Muraz mengapresiasi pencapaian target Kementerian ATR/BPN dalam program PTSL. Melalui gerakan akselerasi, Kementerian PTSL dapat merampungkan pensertifikatan tanah mencapai puluhan juta titik dalam kurun waktu tiga tahun. Persisnya sejak 2017 hingga 2020.

Sebelumnya, Staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Pengembangan Teknologi Informasi Kementrian ATR/BPN, Della Abdullah menyebutkan mahwa Kementerian ATR/BPN juga telah melaksanakan reformasi digital dalam rangka memberikan kemudahan layanan pertanahan bagi masyarakat.

Lebih lanjut, Della menjelaskan, layanan pertanahan digital bertujuan untuk mencegah adanya praktik mafia tanah hingga memotong jalur birokrasi. Selama ini pihaknya sudah menemukan banyak kasus seperti itu.

Atas dasar itu, kata Della, Kementerian ATR/BPN berharap dengan sosialisasi PTSL secara terus-menerus dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk segera mensertifikasi tanahnya.

“Dengan digitalisasi akan meminimalisir sengketa tanah, terutama pencegahan praktik-praktik mafia tanah. Sosialisasi PTSL ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat di Sukabumi untuk turut serta menyertifikatkan tanahnya. Kita jemput bola aktif yang tujuan utamanya untuk meningkatkan kemakmuran rakyat setinggi-tingginya,” Della menandaskan.

Reporter: Megi Minati Dwi Putri

Editor: Amin R. Iskandar

  • Bagikan