BISNIS  

Lazada Berdayakan UMKM di Bandung, Garut, dan Tasikmalaya Lewat ”Lompat Kelaz”

Lazada mendorong kemajuan UMKM di Indonesia, tiga daerah di Jawa Barat yakni Bandung, Garut dan Tasikmalaya dalam program pembangunan ekosistem ekonomi digital dan pemberdayaan UMKM Lazada.*(Foto: Istimewa)

KAPOL.ID –
Lazada mendorong kemajuan ekosistem ekonomi digital Indonesia di tiga daerah Jawa Barat, yakni Bandung, Garut dan Tasikmalaya.

Data Lazada di November 2021 menunjukkan pertumbuhan jumlah penjual yang berjualan di platform Lazada dari Bandung, Garut dan Tasikmalaya mencapai sekitar 120 persen.

Dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, dan diperkirakan akan terus meningkat.

Di Garut dan Tasikmalaya, pertumbuhan jumlah penjual bahkan mencapai lebih dari 140 persen dan 150 persen untuk periode yang sama.

“Selama setahun terakhir ini, pelanggan yang rutin berbelanja dan berdomisili di ketiga daerah tersebut juga menunjukkan peningkatan yang signifikan,” kata Haikal Bekti Anggoro, SVP, Seller Operations, Lazada Indonesia.

Meski begitu, jumlah penjual dari Bandung, Garut dan Tasikmalaya masih sangat jauh di bawah jumlah pelanggan Lazada di ketiga daerah tersebut.

“Kami melihat ada potensi yang sangat besar di ketiga daerah ini dan inilah yang mendasari Lazada mendukung percepatan pertumbuhan UMKM khususnya Bandung, Garut, dan Tasikmalaya,” ujarnya.

Salah satunya dengan menyelenggarakan berbagai inisiatif pelatihan untuk UMKM lokal.

Di bawah naungan Lazada University, dan bekerjasama dengan beberapa mitra strategis, berbagi dasar-dasar berjualan online.

“Nantinya akan mendampingi penjual dan calon penjual UMKM yang berkeinginan kuat membangun usahanya.”

“Kami punya banyak sekali cerita penjual serius di Lazada yang sukses bertransformasi digital melalui platform e-Commerce dan kami yakin banyak diantaranya yang berasal dari Bandung, Garut dan Tasikmalaya,” jelasnya.

Dengan tema“Lompat KeLaz – Meraih Cuan Bersama Lazada”, kata dia, tim membuka kelas pelatihan di tiga kota ini yang berlangsung dari 20 Desember 2021 hingga Maret 2022 mendatang.

Berbagai tema pelatihan dengan pembicara dari Lazada serta pakar lainnya akan tersedia di lokakarya Lompat KeLaz yang terbuka untuk masyarakat umum di Bandung, Tasikmalaya dan Garut secara gratis.

“Mulai dari pelatihan yang memberikan pengetahuan dasar berjualan online dan menjelaskan semua fitur yang ada di Lazada.”

“Lalu program promosi dan marketing, hingga basis pelanggan kami di seluruh Indonesia bisa menarik lebih banyak penjual UMKM di ketiga daerah untuk bergabung dan tumbuh bersama Lazada,” katanya

Ia mengatakan, inisiatif Lompat KeLaz dari Lazada University merupakan bagian dari program pemberdayaan UMKM Lazada, di bawah payung Gerakan AKAR (Akselerasi Karya Rakyat) Digital Indonesia.

“Salah satu upaya mengintensifkan on boarding UMKM ke platform e Commerce melalui pelatihan secara berkesinambungan.”

“Serta memberikan akses membangun jejaring serta mentoring dan bimbingan teknis bagi UMKM di Indonesia,” tambah Waizly Darwin, Head of Government Affairs and Public Policy, Lazada Indonesia.

Gerakan AKAR Digital Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI.

Dengan harapan dapat mendorong pelaku UMKM ikut serta dalam program substitusi impor.

“Kelak kebutuhan masyarakat Indonesia bisa terpenuhi dari pebisnis lokal, dan pebisnis lokal juga bisa tumbuh dan mendominasi pasar Indonesia, serta menjadi lebih sejahtera.”

“Lebih penting lagi, bisa menjadi pahlawan ekonomi digital Indonesia yang menggerakan perekonomian negara ini,” ungkap Waizly. ***