Connect with us

KANAL

Lebaran di Tengah Pandemi Covid-19, Berikut Imbauan Bupati Tasik

|

Ade Sugianto, Bupati Tasikmalaya, memaparkan sejumlah himbauan bagi masyarakat terkait menyikapi Idulfitri di tengah pandemi. (Foto: Amra Iska)

KAPOL.ID–Lebaran, atau Idulfitri, akan tiba. Tepatnya Ahad (24/5/2020). Umat Muslim di seantero dunia pasti merayakannya. Tak terkecuai masyarakat Kabupaten Tasikmalaya.

“Dalam rangka Idulfitri yang akan segera tiba, tentu kita berikan kesempatan kepada semua orang untuk melakukan rasa syukurnya,” demikian Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto, menyambut Idulfitri.

Mengingat lebaran kali ini terjadi di tengah pandemi Covid-19, suasananya tidak senormal biasa. Di mana biasanya masyarakat meluapkan ekspresi kebahagiaan tanpa canggung.

Sekarang berbeda. Sampai-sampai Bupati Tasikmalaya mengeluarkan berbagai himbauan. Pada prinsipnya, setiap himbauan bertujuan demi kesehatan dan keselamatan umat manusia.

“Kami minta pada mereka yang sakit, atau dalam status ODP, juga pada para pendatang, untuk melaksanakan salat Idulfitri di rumah masing-masing. Mau munfarid maupun berjamaah, silahkan. Tetap berlakukan protokol kesehatan Covid-19,” ujar Bupati Ade.

Memang tak ada larangan menunaikan salat Idulfitri di luar rumah. Tapi, kata bupati, pelaksanaan dibatasi untuk masyarakat tingkat RT, RW, dan DKM lingkungan masing-masing. Tidak ada pelaksanaan tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten.

Itu pun dengan catatan. Antara lain pelaksanaan salat Idulfitri mesti di luar ruangan atau di lapangan, waktunya singkat, juga tidak melaksanakan salaman secara langsung atau bersentuhan.

“Secara syari juga kan lebih afdol melaksanakan salat Idulfitri di luar ruangan. Kecuali kalau kondisi tidak memungkinkan, misalnya hujan. Tapi tetap protokol Covid-19 dipake. Demi keamanan dan kenyamanan bersama,” lanjut Ade.

Pengecualian bagi masjid-masjid yang berada di jalur lintasan mudik, tidak boleh melaksanakan salat berjamaah. Termasuk salat Idulfitri.

Pada malam hari Idulfitri, Bupati Tasikmalaya juga menghimbau agar masyarakat tidak melaksanakan takbir keliling.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *