Longsor di Cigalontang, Evakuasi Longsoran Butuh Alat Berat

Longsoran menutup bahu jalan. Evakuasi longsoran butuh alat berat.

KAPOL.ID–Longsor kembali terjadi di wilayah Kecamatan Cigalontang. Kali ini longsor berlokasi di Kampung Temleg, Desa Nangtang. Longsoran menutup total akses jalan penghubung Langkob-Cigalontang.

Berdasarkan informasi dari Ketua Forum Komunikasi Tagana Kabupaten Tasikmalaya, Jembar Adisetya, kejadian longsor sekitar pukul 04.00, Rabu (16/12/2020). Diduga tanah tebing merosot akibat diguyur hujan semalaman.

“Kami mendapat informasi awal dari Ibu Tita warga Langkob. Kemudian relawan kami di lapantan melakuka asesmen,” ujar Jembar.

Dalam perkiraan Tagana, tebing yang mengalami longsor memiliki ketinggian sekitar 70 meter. Adapun lebar tanah longsor mencapai sekitar 50.

Selain menutup akses jalan, longsoran juga menimbun pesawahan dan perkebunan. Namun demikian, hingga berita ini terbit, Jembar tidak menginformasikan adanya korban jiwa.

“Kita juga berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Nangtang, Babinsa, dan Babinmas setempat. Untuk mengevakuasi material longsoran petugas sangat membutuhkan alat berat,” pungkas Jembar