KANAL  

Longsor, Jalan Cibereum Kulon Blok Layapan Ditinjau PUPR

KAPOL.ID – Jalan Cibereum Kulon Blok Layapan Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang yang juga akses menuju Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cibereum, mengalami longsor di sebagian bahu jalannya, Selasa 21 Desember 2021.

Terpantau, di kawasan jalan tersebut sudah dipasang papan peringatan oleh pihak UPTD PUPR Wilayah Kecamatan Cimalaka.

Papan peringatan tersebut bertuliskan ”Hati- hati Bahu Jalan Longsor“ yang juga dipasang police line di sepanjang bahu jalan.

Selain itu, hadir dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Sumedang, Dinas PUPR Sumedang, BPBD Kabupaten Sumedang, UPTD PUPR Wilayah Cimalaka serta pihak konsultan pengawasan proyek.

Dibenarkan Kasi Preservasi Jalan dan Jembatan Dinas PUPR, Irwan Setyawan mengatakan, jalan tersebut masuk ke Blok Layapan menuju TPSA dan pertengahan bulan November telah terjadi longsor.

“Hampir 30 meteran tanah longsor dengn lebar 2 meter. Secepatnya ditangani, karena terancan putus. Guna penanggulan pertama, kami menahan tanah menggunakan bahan dari bambu dan karung. Itu, untuk menahan sementara tanah, supaya tidak terjadi erosi,” ujar Irwan.

Sementara itu, Kabid Pengelolaan Sampah pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Sumedang Tatang Muchidin mengatakan, sebagian bahu jalan menuju pembuangan sampah akhir, ambles.

“Longsor akibat intensitas hujan yang tinggi, jalan tersebut adalah jalan utama bagi puluhan kendaraan yang membuang sampah dan hampir 120 ton sampah dalam perharinya,” katanya.

Jadi, lanjut dia, jika jalan ini terputus maka kita kelimpungan untuk buang sampah.

“Saya berharap Dinas PUR segera mengantisipasi penanganan longsor ini jangan sampai jalan ini terputus total,” ujarnya. ***