BIROKRASI

Mayjen TNI Mohammad Fadjar: Pengamanan Idulfitri 2024, Upaya Berikan Jaminan Kenyamanan Bagi Masyarakat

×

Mayjen TNI Mohammad Fadjar: Pengamanan Idulfitri 2024, Upaya Berikan Jaminan Kenyamanan Bagi Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat “Ketupat Lodaya-2024” dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1445 H tahun 2024, di Jalan Diponegoro Kota Bandung pada Rabu (3/4/2024).

KAPOL.ID – Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Mohammad Fadjar mengatakan pengamanan Idulfitri 2024 untuk lebih mempertahankan dan meningkatkan serta memberikan jaminan kenyamanan bagi masyarakat.

Targetnya, kata dia, agar warga merasakan mudik dengan aman, ceria serta penuh dengan makna.

“Terciptanya kamseltibcarlantas yang aman dan kondusif memerlukan upaya dan kerja keras,” ucapnya saat membacakan amanat Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, pada Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat “Ketupat Lodaya-2024” dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1445 H tahun 2024, di Jalan Diponegoro Kota Bandung pada Rabu (3/4/2024).

Hal itu, guna terciptanya Kamtibmas dan kamseltibcarlantas yang aman kondusif dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus, melalui Dirlantas Polda Jabar, Kombes Pol. Wibowo menyebutkan, ini dalam rangka untuk mengecek kembali kesiapan pelaksanaan operasi ketupat lodaya tahun 2024.

“Pelaksanaan operasi ketupat lodaya tahun 2024 selama 13 hari yang dimulai pada 4-16 April 2024,” ujarnya.

“Insya Allah besok seluruh personil yang terlibat sudah mulai menempati Pospam yang ada di Jawa Barat,” ucap Wibowo.

Disampaikan, untuk jumlah personil yang dilibatkan sebanyak 27.162 personil yang terdiri dari personil Polri sebanyak 16.007 personil.

“Kita juga dapat BKO personil dari Mabes Polri sebanyak 245 personil ditambah dari Perkuatan unsur TNI dan Stakeholder lainnya sejumlah 10.910 personil,” ujarnya.

“Beberapa skenario yang akan coba kita lakukan dalam rangka pelaksanaan pengamanan jalur mudik kemudian jalur balik maupun jalur wisata, dan tentunya ada beberapa nanti akan kita sesuaikan dengan SKB No.67/II/Tahun 2024,” jelasnya.

Khusus untuk jalur Tol Pantura yang dimulai dari Tol Jakarta-Cikampek kemudian Cipali, Pali Kanci-Kali Pejagan, ada dua rencana rekayasa lalu lintas.

Hal ith, untuk mengatisipasi kepadatan arus lalu lintas, yaitu melakukan Contraflow dan one way.

“Contraflow ini hanya akan kita laksanakan di dalam Tol Jakarta-Cikampek, selanjutnya untuk one way nanti akan kita laksanakan mulai dari KM 72 sampai dengan KM 414 Kalikangkung wilayah Jawa Tengah,” jelasnya.

Wibowo juga mengatakan, kita mempertimbangkan data survei dari Kementrian Perhubungan kemudian kita juga melihat bahwa secara khusus algomerasi juga data pemudik meningkat di prediksi bahwa puncak arus mudik akan terjadi mulai H-4 yaitu hari Sabtu tanggal 6 April sampai dengan H-2 tanggal 8 April.

“Di cek kembali kesiapan kendaraan, sehingga kendaraan banar-benar aman, siapkan makanan dan obat-obatan, cek saldo e-tol, patuhi segala aturan tata tertib lalu lintas,” ujarnya. ***