BISNIS  

Mimpi Warga Parigi Jadi Nyata, Punya Bank Sampah

Tidak lama setelah peresmian bank sampah Sritani Sahate, warga Desa Parigi langsung mulai menabung. (Foto: Istimewa)

KAPOL.ID—Mimpi warga Parigi Kabupaten Pangandaran untuk memiliki bank sampah telah menjadi nyata. Bank sampah dengan nama Sritani Sahate resmi berdiri pada Minggu (6/3/2022).

Peresmian bank sampah Sritani Sahate berlangsung di Madrasah Diniyah Al-Fatah, Dusun Cijalu, Desa-Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Pada kesempatan tersebut juga berlangsung sosialisasi bank sampah ke sejumlah tokoh publik.

Setidaknya ada 50 orang hadir dalam gelaran bertema “Tina Runtah Jadi Berkah” tersebut. Antara lain Kepala Desa Parigi beserta jajaran, Ketua BPD Desa Parigi beserta jajaran, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran, dan banyak lagi.

Ketua pelaksana kegiatan, Jejen Zaenal Hilmi mengemukakan bahwa peluncuran bank sampah tersebut merupakan dorongan dan keinginan masyarakat Desa Parigi sendiri. Kemudian terwujud setelah terjalin kolaborasi antara beberapa pihak.

“Keinginan masyarakat Desa Parigi ini kemudian mendapat dorongan dari Patriot Desa Parigi, Bumdes Desa Parigi, Karang Taruna Desa dan Kelompok Wanita Tani. Semua berkolaborasi membentuk bank sampah Sritani Sahate ini,” terang Jejen.

Kepala Desa Parigi, Ajat Sudrajat mengapresiasi kehadiran bank sampah di wilayahnya. Harapannya, bank sampah tersebut dapat menjadi solusi atas persoalan lingkungan dan perekonomian.

“Alhamdulilah di Desa Parigi telah hadir bank sampah. Memang kami sangat membutuhkan, mengingat Desa Parigi merupakan pusat kota di Kabupaten Pangandaran yang dalam pengelolaan sampahnya sangat minim. Hayu urang sasarengam jadikeun runtah jadi berkah,” ajak Ajat.

Support KAPOL with subscribe, like, share, and comment

Youtube : https://www.youtube.com/c/kapoltv

Portal Web : https://kapol.tv/
Portal Berita : https://kapol.id/
Facebook : https://www.facebook.com/kabar.pol
Twiter : https://twitter.com/kapoltv
Instagram : https://www.instagram.com/kapol_id