Partisipasi Publik Meningkat Signifikan, Belum Mencapai Target

KAPOL.ID–Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya, Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Jajang Jamaludin mengemukakan bahwa partisipasi publik pada Pilkada Kabupaten Tasikmalaya mengalami peningkatan yang siginifikan.

“Kenailan tingkat partisipasi publik untuk Pilkada Kabupaten Tasikmalaya ini sampai 13%. Tentu pembandingannya harus dengan Pilkada sebelumnya, yaitu DPT waktu Pilpres dan Pileg tahun lalu,” ujar Jajang.

Pada Pilpres dan Pileg sendiri, lanjut Jajang, tingkat partisipasi publik Kabupaten Tasikmalaya ada di angka 60%. Sementara pada Pilkada kali ini tingkat partisipasi publik Kabupaten Tasikmalaya mencapai 73%.

Setidaknya ada dua catatan dari kenaikan tingkat partisipasi publik Kabupaten Tasikmalaya tersebut. Pertama, jumlah DPT Pilkada Kabupaten Tasikmalaya lebih sedikit 33.487 orang dibandingkan dengan DPT Kabupaten Tasikmalaya untuk Pilpres dan Pileg.

Kedua, sekalipun tingkat partisipasi publik Kabupaten Tasikmalaya meningkat, tetapi tetap belum mencapai target yang dicanangkan sebelumnya, baik oleh KPU maupun oleh Desk Pilkada Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.

“Memang betul kita belum mencapai target. Karena target kita terlalu tinggi, yaitu 77,5%,” Jajang menandaskan.