Pelatihan Inkubasi Bisnis Berbasis Potensi, Upaya Majukan Perekonomian Desa

  • Bagikan
Para peserta pelatihan cukup antusias mengikuti arahan instruktur. (Foto: istimewa)

KAPOL.ID—Beberapa desa di Kecamatan Cipatujah mengadakan Pelatihan Inkubasi Bisnis Berbasis Potensi Desa. Tujuannya untuk memajukan perekonomian desa.

Dengan demikian penyelenggara pun mengundang para pelaku UMKM lokal, Karang Taruna, PKK dan BUMDes. Penyelenggaranya sendiri adalah Patriot Desa, yang bekerja sama dengan pemerintah desa.

Dalam hal ini, beberapa desa yang dimaksud antara lain Desa Nagrog, Sukahurip dan Pameutingan. Pelatihan berlangsung antara 15 sampai 20 November 2021.

Ketua Panitia Kegiatan, Muhamad Alim mengemukakan bahwa pelatihan dilakukan secara bergantian. Pertama di Desa Nagrog pada 15-16 November 2021.

Pelatihan selanjutnya digelar di Desa Sukahurip pada 17-18 November 2021. Pelatihan terakhir di Desa Pameutingan pada 19-20 November 2021.

Materi pelatihannya adalah merancang produk yang disukai konsumen, merancang strategi pasar, manajemen finansial usaha, saluran pasar yang ffektif, permodalan dari Bank BJB, permodalan dari Bank CIJ, pemotretan dan perizinan legalitas usaha dan bisnis model canvas.

“Nah, meteri-matiri itu disampaikan dalam tujuh sesi. Kami juga menggandeng Bank BJB dan CIJ untuk kemudahan akses permodalan. Kemudian juga Rumah Amal Salman Tasikmalaya, Dompet Dhuafa, dan Sinergi Foundation sebagai donator kegiatan,” terang Alim.

Peserta pelatihan cukup antusias. Asep Heriyanto dari Karang Taruna Desa Sukahurip, misalnya. Ia sangat berterima kasih kepada penyelenggara kegiatan.

“Berkat pelatihan ini saya mendapatkan tambahan ilmu. Sebelumnya saya usaha itu ya jalan begitu aja. Mudah-mudahan setelah ini ada kemajuan,” ujar Asep.

Lista Gantina, Ketua PKK Desa Pameutingan juga berharap dapat memajukan kampung halamannya. Sehingga pelatihan tersebut dirasakannya sangat penting.

“Pelatihannya sangat bermanfaat, khususnya untuk UMKM agar bisa terus berkembang dan memiliki produk yang baik dan laku di pasaran,” papar Lista.

Kegiatan ini juga mendapat apresiasi dari Camat Cipatujah, Darya. Dirinya juga berharap berkat pelatihan bisnis tersebut akan meningkatkan daya saing UMKM Cipatujah, sehingga lebih maju.

“Dengan adanya pelatihan ini diharapkan apa yang dicita-citakan oleh kang Emil dan warga Jawa Barat tercapai, yaitu ‘tinggal di desa, rezeki kota, bisnis mendunia’. Merdesa Untuk Jabar Juara!” tandas Darya.

  • Bagikan