KAPOL.ID – Suasana ramai terpantau di sejumlah stasiun Commuterline Wilayah 2 Bandung pada hari pertama perayaan Idul Fitri 1446 Hijriah, Senin (31/3/2025).
Hal ini disampaikan oleh VP Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus.
“Penumpang Commuterline Wilayah 2 Bandung terpantau ramai pada hari pertama lebaran Idul Fitri 1446H,” ujar Joni Martinus dalam keterangannya.
KAI Commuter sendiri telah mengantisipasi lonjakan penumpang selama masa angkutan lebaran 2025 yang berlangsung dari tanggal 21 Maret hingga 8 April 2025. Untuk wilayah 2 Bandung, KAI Commuter mengoperasikan total 58 perjalanan Commuterline setiap harinya, yang terdiri dari 38 perjalanan Commuterline Bandung Raya, 6 perjalanan Commuterline Garut, 10 perjalanan Commuterline Walahar, dan 4 perjalanan Commuterline Jatiluhur.
Data menunjukkan antusiasme masyarakat dalam memanfaatkan layanan Commuterline selama periode mudik dan awal libur lebaran. Terhitung sejak 21 Maret hingga 30 Maret 2025, sebanyak 633.645 penumpang tercatat telah menggunakan Commuterline Wilayah 2 Bandung.
Rinciannya adalah 153.829 penumpang menggunakan Commuterline Walahar, 122.150 penumpang menggunakan Commuterline Jatiluhur, 162.779 penumpang menggunakan Commuterline Garut, dan 194.887 penumpang menggunakan Commuterline Bandung Raya.
Stasiun Bandung menjadi stasiun dengan volume penumpang tertinggi selama periode tersebut, mencapai 83.500 penumpang. Disusul oleh Stasiun Cikarang dengan 56.308 penumpang dan Stasiun Cicalengka dengan 53.178 penumpang.
Sementara itu, pada hari pertama Idul Fitri 1446 H ini, hingga pukul 13.00 WIB, tercatat sebanyak 36.964 orang telah menggunakan Commuterline Wilayah 2 Bandung untuk berbagai keperluan mobilitas.
Guna memberikan kemudahan bagi para pengguna, KAI Commuter menginformasikan bahwa pemesanan tiket Commuterline Wilayah 2 Bandung dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI sebelum keberangkatan atau melalui pembelian tiket Go Show di loket stasiun.
Lebih lanjut, KAI Commuter mengimbau kepada seluruh pengguna untuk selalu berhati-hati dalam menjaga barang bawaan. Penumpang diimbau untuk meletakkan barang bawaan di rak bagasi dan memastikan barang tersebut selalu dalam pengawasan.
Selain itu, penumpang juga diminta untuk memeriksa kembali barang bawaan dan tidak terburu-buru saat turun dari kereta demi keselamatan dan kenyamanan bersama. ***