KANAL  

Peringatan Bulan Bung Karno, Digelar Festival Ikan Bakar Nusantara, Libatkan 11 Ribu Orang

Menikmati Kuliner Nusantara, Ikan Bakar, di Kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Jalan Pelajar Pejuang 45, Bandung, Sabtu (25/6/2022)

KAPOL.ID – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menyelenggarakan Sajian Kuliner Nusantara Mustikarasa Resep Masakan Indonesia Warisan Soekarno.

Acara yang menggaungkan kedaulatan pangan tersebut,
digelar serentak di seluruh Indonesia, Sabtu (25/6/2022).

Untuk Jawa Barat, acara dipusatkan di Sekretariat DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, dan dilakukan pula di 27 kabupaten/kota.

Festival Ikan Bakar Nusantara menjadi salah satu bagian acara yang melibatkan sekitar 11 ribu orang tersebut.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar Ono Surono mengatakan, acara ini merupakan rangkaian peringatan Bulan Bung Karno, dan melibatkan masyarakat umum.

Maka itu, dalam acara kali ini diundang masyarakat sekitar untuk ngaliwet atau makan bersama.

“Ini bukti PDI Perjuangan selalu bersama rakyat. Acara ini juga untuk menikmati kuliner nusantara, yaitu ikan bakar. Ini juga untuk memotivasi para kader PDI Perjuangan untuk selalu bersama rakyat, terlebih makanan merupakan hal penting bagi rakyat,” ucap Ono.

Ono pun mengemukakan, kegiatan ini masih berhubungan dengan apa yang menjadi perhatian pihaknya yaitu persoalan stunting.

Terlebih, angka stunting di Jabar masih cukup tinggi yang membuat pihaknya cukup fokus terhadap masalah tersebut.

“Stunting ini kan salah satunya membutuhkan asupan makanan yang bagus dan sehat. Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang sehat dan juga enak untuk dikonsumsi. Ini juga untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya menu makanan yang tak hanya sehat, tapi juga murah,” jelas Ono.

Disinggung mengapa ikan yang menjadi kuliner utama dalam acara kali ini, Ono menerangkan, hal ini tak terlepas dari 2/3 wilayah Indonesia yang merupakan laut, sehingga ikan mudah untuk didapat oleh masyarakat. Selain itu, ikan memiliki kandungan gizi dan protein yang baik untuk kesehatan.

“Kandungan protein yang ada pada ikan mudah diserap, sehingga bisa dikonsumsi oleh siapapun, dari anak-anak hingga lanjut usia. Selain itu, gerakan makan ikan merupakan program yang masih terus digaungkan oleh pemerintah hingga sekarang,” papar anggota Komisi IV DPR RI.

Dirinya berharap, konsumsi ikan yang dilakukan masyarakat bisa meningkatkan perekonomian nelayan atau para pelaku usaha yang bergerak di bidang kelautan.

Tak hanya itu, gerakan makan ikan pun diharapkan bisa menaikkan taraf hidup masyarakat, karena binatang laut ini merupakan komoditas pangan yang sehat dan baik.

“Jadi bukan hanya tempe, tahu, daging, masyarakat juga harus mulai menyediakan ikan sebagai menu makanan mereka, karena tidak hanya sehat namun juga baik untuk tubuh kita,” pungkasnya.***