PPKM, Bupati Dony dan Baznas Realisasikan ‘Sembako Nyampe Rumah’

  • Bagikan

5.000 Paket Sembako Disalurkan bagi Warga di 277 Desa

KAPOL.ID – Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir didampingi Ketua Baznas Kabupaten Sumedang Ayi Subhan Hafaz menyalurkan bantuan sosial (Bansos) bagi warga terdampak Covid-19 di penghujung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Senin (19/7/2021).

Penyaluran Bansos dilaksanakan secara serentak di 26 kecamatan oleh Forkopimda yang terbagi delapan tim.

Di Kecamatan Paseh, Conggeang dan Buahdua bantuan diserahkan secara simbolis oleh Bupati kepada perwakilan Kepala Desa di masing-masing kecamatan.

Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir mengatakan, sebanyak 5.000 paket sembako yang akan disalurkan melalui Program Senyum (Sembako Nyampe Rumah) Baznas Sumedang.

Dari jumlah tersebut, 2.770 paket sembako disalurkan pada hari itu untuk keluarga penerima manfaat (KPM) di 277 desa/kelurahan se-Kabupaten Sumedang.

“Hari ini disalurkan untuk 2.770 keluarga penerima manfaat di 277 desa/kelurahan. Hari Rabu lusa akan disalurkan untuk abang becak, delman, pedagang kaki lima.” ujarnya.

Dikatakan Bupati, sumber pembiayaan Bansos Program Senyum Dhuafa merupakan hasil dari zakat, infak dan sedekah ASN Pemda Sumedang yang dikelola oleh Baznas Kabupaten Sumedang.

“Bantuan ini berasal dari zakat infak dan sedekah ASN. Sampai dengan bulan ini, ada Rp. 5,9 Miliar dana yang terkumpul dari ASN,” kata Bupati.

Bupati menyebutkan, penyaluran Bansos tersebut merupakan ikhtiar dan kewajiban Pemkab Sumedang untuk membantu masyarakat yang terdampak sambil menunggu distribusi bantuan dari pusat.

“Ini ikhtiar kami, bagaimana masyarakat yang terdampak bisa dibantu. Jangan sampai ada satu orang pun warga Sumedang yang kelaparan dan tidak bisa makan. Kami mempercepat apa yang menjadi kewajiban pemerintah daerah, sambil menunggu distribusi bantuan dari pemerintah pusat,” tukasnya.

Sebagai informasi, selain bantuan Sembako yang bersumber dari ZIS ASN, dalam minggu ini akan disalurkan pula berbagai bantuan sosial yang bersumber dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan kabupaten sebanyak 255.735 KPM.

Adapun rinciannya sebagai berikut; PKH (Program Keluarga Harapan) sebanyak 42.816 KPM, BNPT (Bantuan Pangan Non Tunai) Rutin sebanyak 72.940 KPM, BST (Bantuan Sosial Tunai) sebanyak 40.671 KPM, BNPT yang baru 80.862 KPM, Bansos Kabupaten 8.759 KPM dan BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa) 9.687 KPM. Ditambah bantuan sosial beras 5 Kg untuk 3.000 KPM dan Beras 10 kg untuk 94.813 KPM dari pemerintah pusat. ***

  • Bagikan