POLITIK

Putri Sulung K. H. M. Ilyas Ruhiat Mantap Nyaleg, Mundur dari ASN

×

Putri Sulung K. H. M. Ilyas Ruhiat Mantap Nyaleg, Mundur dari ASN

Sebarkan artikel ini
Ida Nurhalida
Putri sulung K. H. M. Ilyas Ruhiat menyerahkan tembusan surat pengunduran diri dari ASN ke Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya. (Foto: kapol.id/Amin R. Iskandar)

KAPOL.ID — Hj. Neng Ida Nurhalida, putri sulung K. H. M. Ilyas Ruhiat (Cipasung) memantapkan diri terjun ke ranah politik praktis. Sebelum mendaftarkan diri sebagai calon legislatif untuk DPR RI, ia mengajukan surat pengunduran diri dari statusnya sebagai ASN di lingkungan Kemenag.

Ida Nurhalida mengajukan surat pengunduran diri dari ASN per 7 Januari 2023. Sementara tembusannya ia sampaikan ke Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (2/2/2023). Ketua dan Bendahara DPC PKB, Ami Fahmi dan M. Hakim Zaman, mengantarkannya.

“Saya datang untuk menyerahkan berkas pengunduran diri dari jabatan PNS. Karena saya ada rencana mencalonkan diri untuk maju di Pileg 2024 DPR RI dari PKB,” terang Ida.

Dari berkas yang sampai ke Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya diketahui, bahwa surat pengunduran diri Ida sudah sampai ke Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat dan Kemenag Kabupaten Tasikmalaya. Setastusnya sendiri sebagai Kepala MAN 2 Tasikmalaya.

Dari sudut usia, sejatinya Ida sudah menuju masa pensiun tahun 2024. Tetapi memilih mengakhiri masa pengabdiannya sebagai ASN lebih cepat, lalu beralih ke jalur politik.

Faktor pendorong dibalik keputusan tersebut, kata Ida, karena ingin tetap menjadi orang yang bermanfaat. Tentu bukan untuk dirinya sendiri melainkan untuk masyarakat yang lebih luas. PKB kemudian menjadi pelabuhannya.

“Pilih PKB karena sesuai dengan aspirasi saya. Selain itu juga karena ada ikatan, kan salah satu deklarator PKB itu ayah saya. Kenapa saya sampaikan juga ke Bawaslu, itu sebagai bentuk tertib administrasi. Kalau sudah begini kan saya bisa lebih leluasa,” pungkas Ida.

Support KAPOL with subscribe, like, share, and comment

Youtube : https://www.youtube.com/c/kapoltv

Portal Web : https://kapol.tv/
Portal Berita : https://kapol.id/
Facebook : https://www.facebook.com/kabar.pol
Twiter : https://twitter.com/kapoltv