Ratusan Jabatan Kosong Pemkab Tasik Sudah Terisi

Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto mengambil sumpah ratusan pejabat dalam lingkungan pemerintahannya. (Foto: kapol.id/Amin R. Iskandar)

KAPOL.ID–Kekosongan jabatan pada ratusan posisi dalam Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya kini telah terisi. Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto melantik dan mengukuhkannya pada Jumat (3/13/2021).

Pengambilan sumpah jabatan tersebut berlangsung di Pendopo Baru Kabupaten Tasikmalaya. Antara lain sebanyak 15 pejabat eselon 2 dan 186 eselon 3 yang mengalami rotasi-mutasi-promosi jabatan.

Pejabat eselon dua di antaranya Kepala Dinas, Kepala Badan, Asisten Daerah dan Stap Ahli. Sementara pejabat eselon 3 meliputi Camat, Sekretaris Camat, Sekretaris Dinas, Kepala Bagian hingga Kepala Bidang pada dinas.

Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto mengakui bahwa pihaknya membutuhkan waktu cukup lama untuk merombak pejabat dalam lingkungan pemerintahannya. Karena memang bertenturan dengan regulasi, terutama yang berkaitan dengan hajat Pilkada 2020.

“Secara aturan kami tidak boleh melakukan rotasi-mutasi-promosi pejabat selama enam bulan sebelum dan enam bulan sesudah pelantikan. Sehingga sebanyak 140 jabatan kami biarkan kosong hampir satu tahun setengah,” terang Ade, selepas pelantikan.

Setelah proses panjang mulai dari asesmen, meminta izin dari KASN, hingga pelantikan terjadi; Bupati Ade akhirnya merasa lega. Sebab posisi-posisi yang sebelumnya diisi oleh pejabat pelaksana tugas (Plt.) yang bersifat sementara, kini sudah detinitif.

“Kami bekerja sama dengan Universitas Padjadjaran melakukan asesmen terhadap 675 ASN Pemkab Tasikmalaya. Prosesnya memakan waktu lebih dari satu bulan. Itu pun belum mengisi semua jabatan. Karena sejumlah OPD berubah, maka pejabat administratur dan pengawas ke bawahnya juga tentu harus diubah,” lanjutnya.

Dengan selesainya proses tersebut, meski belum seutuhnya betul-betul rampung karena masih ada kekosongan pada beberapa jabatan; Bupati Ade tetap berharap semua itu membawa dampak positif. Terutama pada perbaikan kinerja ke depannya.