Connect with us

KANAL

Relawan Jabar Baik, Sumbangan Alat Rapid Test

|

KAPOL.ID – Sebanyak 25 unit alat rapid test didonasikan Relawan Jabar Baik Majalengka untuk pemeriksaan para Tenaga Kesehatan (Nakes) di Puskesmas Palasah, Kabupaten Majalengka.

Insiator Relawan Jabar Baik Majalengka Ginggi Syar Hasyim mengatakan, saat ini Relawan memiliki sebanyak 750 rapid test.

Setelah untuk Puskesmas Palasah, ratusan rapid test lainnya akan disebar ke sejumlah Puskesmas di Kabupaten Majalengka.

“Setiap Puskesmas kami donasikan 25 unit. Seperti di sini (Puskesmas Palasah), nanti juga begitu diserahkan kami langsung menyaksikan sendiri proses test itu,” kata Ginggi di Puskesmas Palasah, Selasa (16/6/2020).

Donasi tersebut, jelas dia, sengaja dilakukan agar bisa memastikan bahwa para Nakes benar-benar dalam kondisi yang aman.

“Kami tidak ingin orang-orang yang menjaga kami kurang waspada terahadap dirinya,” tegas dia.

Kepala Puskesmas (Kapus) Palasah Mulyana Alamsyah mengatakan, donasi sebanyak 25 alat rapid test itu sekaligus memenuhi keinginan para Nakes yang berada di wilayah kerja Puskesmas yang dipimpinnya.

Sebelummya, jelas dia, Puksesmas Palasah juga sempat mendapat bantuan sebanyak 15 unit dari Kabupaten.

“Sangat membantu ya. Memang ada bantuan dari Kabupaten, tapi hanya (untuk) 15 orang . Sedangkan karyawan kita ada 60. Keinginan kita smeunya diperiksa. Karena kita kan berhubungan setiap hari dengan pasien gonta-ganti terus, resikonya jadi sangat besar.¬†Alhamdulillah dengan bantuan 25 test ini, hampir 80 persen lah (Nakes di Puskesmas Palasah menjalani pemeriksaan),”¬†jelas dia.

Epidemiologi Ucu Supriatna menilai, donasi alat rapid kepada Nakes di Puskesmas tersebut sangat tepat. Pasalnya, para Nakes merupakan salah satu pihak yang yang dinilai memiliki resiko tinggi terhadap COVID 19 itu.

“Di pasar, disebut Resting itu karena di sana banyak orang. Adapun para Nakes, Resting karen akfivitas mereka yang langsung berinterkasi dengan pasein. Sehingga mereka juga perlu pemeriksaan,” jelas dia.

Sementara, hasil Rapid test donasi dari Relawan Jabar Baik Majalengka itu diketahui semuanya non reaktif. (Azizan)***

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •