Sail dan Touring Sekeseler Siliwangi, Cirebon-Pangandaran

Kodam III Siliwangi meninjau lokasi kegiatan Sail dan Touring Sekeseler Siliwangi.

KAPOL.ID – Dalam waktu dekat Kodam III Siliwangi akan menggelar kegiatan Sail dan Touring Sekeseler Siliwangi.

Kegiatan tersebut, merupakan rangkaian Peringatan HUT Ke-76 Kodam III Siliwangi.

Selama 12 hari, kegiatan tersebut akan digelar dengan titik start di Pesisir Pantai Cirebon dan finish di Pantai Pangandaran.

“Perjalanan akan menempuh jarak lebih kurang 1000 KM,” kata Kepala Penerangan Daerah Militer III Siliwangi, Kolonel Inf. Arie Tri Hedhianto Sabtu (4/6/2022).

Menurut dia, Sail dan Touring Sekeseler Siliwangi merupakan kegiatan untuk memelihara hubungan silaturahmi terhadap masyarakat yang ada di pulau terluar dan pesisir pantai di wilayah Kodam lll Siliwangi.

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh masing-masing Kodim jajaran Kodam III Siliwangi yang menjadi check point dalam kegiatan tersebut.

“Persiapannya, kami telah berkordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon, tokoh masyarakat dan elemen masyarakat lainnya,” ujar dia.

Selanjutnya Kodim 0620/Kabupaten Cirebon juga melakukan pengecekan kesiapan kegiatan penyerta lainnya.

Seperti, bakti sosial, vaksinasi, pameran produk unggulan, pembibitan dan penanaman pohon mangrove, serta pameran UMKM.

Dandim 0620/Kabupaten Cirebon, Letkol Inf Faurizal Noerdin menyampaikan bahwa untuk kelancaran pelaksanaannya kegiatan, maka selain menggandeng Pemerintah Daerah juga melibatkan organisasi Saka Wira Kartika.

“Mereka akan dilibatkan dalam kegiatan pembibitan dan penanaman pohon mangrove. Keterlibatan anggota Pramuka dari Saka Wira Kartika diharapkan dapat menumbuhkan rasa memiliki dan menanamkan kecintaan terhadap tanah air” ucapnya. ***