Connect with us

GAYA

Srikandi Sungai Bersama 20 Komunitas Bersihkan Sungai Cihanjuang

|

TASIKMALAYA, (KAPOL).- Semangat Srikandi Sungai membersihkan lingkungan sungai di wilayah Tasik Utara begitu besar.

Mereka rela “kukucuprakan” memungut sampah yang berserakan di sepanjang sungai Cihanjuang di Desa Cipondok Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya.

Tidak hanya kaum ibu, tetapi juga ratusan siswa dan mahasiswa dari berbagai komunitas pecinta lingkungan turut membersihkan sungai dalam agenda Gebrak Citanduy yang dilaksanakan pada Ahad (8/12/2019).

Lebih dari 20 Komunitas baik siswa, mahasiswa dan juga masyarakat peduli lingkungan yang terjun memungut sampah. Tak ayal puluhan karung sampah berhasil diangkut dari daerah sungai.

Bersih bersih sungai sengaja dilakukan sebagai upaya dalam mengurangi resiko bencana banjir.

Karena sampah kerap menjadi momok terjadinya banjir karena aliran sungai tersumbat.

“Sampah di mana-mana, banjir ke mana-mana sengaja dijadikan tema dalam gerakan bersama komunitas membersihkan sungai Cihanjuang,” kata Ketua Srikandi Sungai Kabupaten Tasikmalaya, Tjitjih Kurniasih.

Kegiatan bersih-bersih sungai juga dihadiri oleh Camat Ciawi, Asep Suhendar, Pejabat Lingkungan Hidup Kabupaten Tasikmalaya, Anggota Koramil Pagerageung, istri isteri kepala desa, isteri Anggota DPRD Jawa Barat, H Iyod Mintaraga, juga tokoh lingkungan lainnya.

Sampah yang tadinya menumpuk di kawasan sungai dan sangat mengganggu pemandangan dan aliran air kini menjadi bersih. Aliran sungai pun kembali bersih.

“Respon dari komunitas untuk membersihkan kawasan sungai sangat luar biasa. Dan kami akan terus bergerak untuk memberikan sungai sebelum bencana banjir datang,” katanya.

Tjitjih juga mengapresiasi atas respon luar biasa dari Isteri Anggota DPRD Jawa Barat, Hj Iyod yang rela meluangkan waktunya untuk terjun bersama ibu-ibu dan komunitas untuk ikut memunguti sampah di aliran sungai yang tidak jauh dari rumahnya.

Bahkan ia pun menyiapkan jamuan makan dan minum untuk para komunitas yang begitu antusias membersihkan kawasan sungai.

Tokoh lingkungan Tasikmalaya, Asep Hidayat mengatakan semangat para komunitas dalam membersihkan sungai di wilayah Tasik Utara sangat luar biasa dan di luar perkiraan awal.

“Saya kaget melihat banyaknya siswa dan komunitas yang mau bergabung membersihkan sungai. Semoga saja langkah kecil ini bisa terus menular ke daerah lainya dan semakin banyak yang peduli terhadap lingkungan,” katanya. (KP-03)***

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *