Tips Aman dan Nyaman Berlibur saat Musim Hujan

  • Bagikan
Ilustrasi. (ibudanmama.com)

KAPOL.ID–Liburan memang paling menyenangkan jika dilakukan saat cuaca cerah. Namun, lain halnya apabila sudah memasuki musim hujan, seperti sekarang. Tentu saja ada beberapa persiapan khusus yang harus diperhatikan sebelum liburan.

Untuk meminimalisir resiko yang bisa saja terjadi saat musim hujan, anda perlu persiapan matang sebelum memulai perjalanan dan berlibur. Lalu, apa saja tips aman dan nyaman berlibur saat musim hujan? Berikut ulasannya.

Cek Prakiraan Cuaca

Sebelum melakukan perjalanan dan berlibur, sebaiknya cek prakiraan cuaca secara berkala. Setidaknya sehari sebelum kegiatan wisata berlangsung. Anda bisa dengan mudah mendapatkan informasi prakiraan cuaca melalui website resmi maupun media sosial milik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Sedia Payung dan Jas Hujan

Mengingat hujan bisa datang sewaktu-waktu, ada baiknya untuk selalu sedia payung atau jas hujan. Pilih payung yang dapat dilipat agar tidak memakan banyak tempat. Sedangkan jas hujan, bisa anda pakai sebagai alternatif pengganti payung.

Jaga Kondisi Tubuh

Saat musim hujan, tubuh akan lebih rentan terkena berbagai jenis penyakit seperti flu, batuk dan demam. Untuk menghindarinya, biasakan mengonsumsi vitamin dan makanan penambah imun tubuh agar stamina tetap terjaga.

Gunakan Pakaian yang Tepat

Suhu udara saat musim hujan cenderung akan lebih dingin daripada biasanya. Karena itu, jangan sampai salah kostum. Gunakan pakaian yang akan membuat suhu tubuh lebih hangat seperti jaket atau sweater. Untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya apabila membawa pakaian ganti dan sandal.

Prioritaskan Destinasi Wisata Indoor

Liburan akan kurang menyenangkan ketika hujan-hujanan. Ada baiknya memilih destinasi wisata indoor yang tak kalah seru; seperti museum, pusat perbelanjaan, atau tempat wisata yang ada atapnya.

  • Bagikan