Tips Atasi Bibir Pecah-Pecah, Bisa Dilakukan di Rumah

  • Bagikan

KAPOL.ID–Bibir pecah-pecah menjadi masalah yang sering terjadi saat tubuh mengalami dehidrasi, atau juga pengaruh cuaca dingin ataupun kering.

Kondisi tersebut tentunya dapat menurunkan kepercayaan diri, terutama bagi perempuan yang sering menggunakan make up. Untuk mengatasinya, ternyata ada tips rumahan yang dapat dicoba.

Petroleum Jelly

Bahan utama pembuatan lip balm tersebut dapat membantu melembabkan bibir hingga dapat melindungi serta mencegah bibir kering.

Lidah Buaya

Kandungan dalam lidah buaya yang menghasilkan gel pelembab juga dapat menjadi opsi untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Lidah buaya dapat menghidrasi bibir serta adanya molekul polisakarida, fungsinya mendorong kulit menghasilkan sel-sel baru.

Madu

Si Manis yang satu ini ternyata ampuh dalam mencegas bibir kering, bahkan berkhasiat meredakan luka serta retakan akibat bibir pecah-pecah. Memiliki sifat antibakteri, madu juga dapat mencegas infeksi pada luka pecah-pecah di bibir. Cukup oleskan madu ke area bibir, diamkan 20-30 menit, lalu bersihkan.

Minyak Kelapa

Memiliki sifat inflamasi yang dapat membantu meringankan rasa sakit serta rasa tak nyaman akibat bibir pecah-pecah, minyak kelapa juga memiliki sifat anti bakteria yang mencegah infeksi. Mencampur minyak kelapa dengan sedikit gula dapat dipakai sebagai exfoliant, untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di bibir.

Gula

Gula putih dapat dijadikan scrup home made untuk membantu mengangkat sel kulit mati di bibir. Untuk membuatnya pun cenderung mudah.

Masukkan satu sendok makan gula, satu sendok makan minyak kelapa dan madu ke dalam mangkuk. Aduk hingga rata dengan jari bersih untuk mengoleskan scrub ke bibir.

Setelah itu, gosok perlahan bibir dengan gerakan memutar selama satu menit. Bersihkan sisa scrub. Setelah selesai, oleskan petroleum jelly atau minyak kelapa untuk menambah kelembapan bibir.

  • Bagikan