Connect with us

KABAR TNI

TNI AU Lanud S Sukani Sosialisasikan Pencegahan Covid-19

|

KAPOL.ID – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) Lanud S Sukani yang bermarkas di Kabupaten Majalengka terus melakukan berbagai upaya dalam menekan penyebaran virus SARS-CoV-2, penyebab penyakit menular Covid-19, yang tengah mewabah di seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia.

Di wilayah Kabupaten Majalengka sendiri, Lanud S Sukani memasang baliho berukuran besar mengenai himbauan gerakan memakai masker di sejumlah titik di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati.

Serta pemasangan spanduk di tol Cipali, meliputi exit tol Kertajati dan exit tol Sumberjaya.

Selain pemasangan alat peraga, Lanud S Sukani juga membentuk posko terpadu
di area sekitar bandara Kertajati yang dijaga aparat gabungan TNI-Polri serta tim Gugus Tugas Covid-19 Majalengka.

Komandan Lanud S Sukani, Letkol Pnb Riky Helman mengatakan, pihaknya sudah memasang spanduk dan baliho terkait gerakan menggunakan masker yang dipasang di sejumlah titik strategis.

Lokasinya, baliho di sekitar area bandara sedangkan spanduk di exit tol Cipali meliputi pintu keluar masuk tol Kertajati dan Sumberjaya.

“Melalui publikasi ini diharapkan warga semakin paham dan dapat manfaat menggunakan masker dalam kehidupan sehari-hari di tengah pandemi Covid-19. Sehingga diharapkan dapat menekan penyebaran virus yang belum ditemukan vaksin maupun obatnya ini,” ujarnya melalui siaran pers yang diterima wartawan Selasa (16/6/2020).

Riky juga mengingatkan kepada masyarakat agar jangan pernah bosan untuk terus mencuci tangan pakai sabun (CTPS), menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

“Jangan lupa selalu menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun dan jika aga gejala menyerupai Covid-19, segera melapor ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk dilakukan pemeriksaan,” katanya.

Terkait pelaksanaan Posko Satgas Gabungan Bandara BIJB, lanjut dia, pihaknya rutin melaksanakan tugas pengecekan terhadap para pengunjung maupun pegawai bandara sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Termasuk menghalau masyarakat yang tidak memiliki kepentingan ke bandara untuk dipersilahkan pulang kembali.

“Kalau penerbangan untuk sipil di BIJB akan mulai beroperasi disesuaikan dengan kesiapan dari maskapai penerbangan dengan total 13 rute penerbangan. Sedangkan maskapai meliputi Lion Air, Citilink, Air Asia, Malaysia Airlines,” paparnya.

Bahkan di dalam posko terpadu juga, pihaknya melaksanakan perbantuan pengecekan protokol kesehatan bagi teknisi Garuda dan Lion Air.

Tujuannya untuk memonitor kondisi pesawat yang parkir di BIJB serta membantu pelaksanaan pengecekan karyawan BIJB dan Angkasa Pura 2 yang sebagian berdomisili di Bandung (PP), khususnya saat weekend dan pelaksanaan giat fiket bergilir (New normal).

“Di masa perpanjangan PSBB jilid IV, sampai dengan tanggal 26 Juni 2020 mendatang, kami juga melaksanakan kegiatan memonitoring keberangkatan dan kedatangan penumpang apabila bandara sudah mulai beroperasi, karena hingga saat penerbangan sipil masih nihil,” ujarnya.

Selain di lokasi bandara, lanjut dia, pihaknya juga melaksanakan supervisi protokol kesehatan pada acara Aero Sport Center di Gunung Panten Paralayang Majalengka. (azizan)***

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *