Windows XP Ternyata Masih Banyak Digunakan

Ini Triknya

Microsoft secara resmi telah menghentikan dukungan terhadap sistem operasi Windows XP 8 April 2014 silam. Kendati sudah berusia 13 tahun, sistem operasi Windows XP masih dioperasikan jutaan orang di dunia. Inilah mengapa tanggal 8 April lalu dianggap sebagai “kiamat bagi Windows XP” (Xpocalypse) saat Microsoft menghentikan dukungannya itu.

Dari sekitar 1,5 miliar komputer di dunia, menurut data Net MarketShare, 27,7%-nya masih menggunakan Windows XP. Angka tersebut setara dengan lebih dari 400 juta komputer.

Jika Anda salah satu pengguna setia Windows XP ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengamankan sistem operasi tersebut dari serangan malware, virus ataupun peretas tanpa dukungan dari Microsoft sekalipun.

Cara termudah untuk mengamankan Windows XP dari malware tentu memutuskan hubungan dari internet dan tidak menggunakan media removable. Tapi tentunya hal tersebut bakal sulit untuk dilakukan, karena sesekali kita akan terhubung ke internet.

1. Jangan gunakan akun administrator
Buatlah akun pengguna yang memiliki hak lebih sedikit ketimbang administrator. Akun pengguna biasa memang tak memiliki kebebasan untuk melakukan aneka hal seperti administrator, tapi hal tersebut juga berarti Anda membatasi peretas untuk merusak komputer Anda karena mereka tak bisa menginstal aplikasi baru.

Anda bisa selalu berpindah ke akun administrator untuk menginstal aplikasi atau melakukan perubahan sistem. Tapi pastikan untuk melakukan pemeriksaan terlebih dulu sebelum menginstal aplikasi baru menggunakan program anti virus.

2. Gunakan anti virus terbaru
Agar sistem operasi Windows XP Anda tetap aman, gunakanlah selalu anti virus. Jika Anda memutuskan tak meng-upgrade sistem operasi, anti virus dari pihak ketiga seperti Webroot, Bitdefender, Kaspersky, AVG atau Avast bisa digunakan untuk mengamankan komputer Anda.

3. Gunakan browser non Internet Explorer
Gunakanlah browser Mozilla Firefox atau Google Chrome ketimbang Internet Explorer. Penggunaan browser yang selalu di-update secara berkala akan memastikan keamanan Anda saat berselancar di internet, apalagi karena Internet Explorer untuk Windows XP sudah dihentikan supportnya oleh Microsoft.

4. Hindari situs yang menawarkan barang bajakan
Situs-situs yang menawarkan musik, video ataupun aplikasi bajakan memiliki potensi besar untuk merusak Windows XP yang tak lagi “ditambal” Microsoft.

5. Selalu perbaharui software dari pihak ketiga
Aplikasi apapun yang Anda gunakan saat menjelajah internet harus selalu diperbaharui. Aplikasi seperti Adobe Flash, Adobe Acrobat ataupun Java selalu menjadi target dari peretas. Inilah mengapa pembaharuan software menjadi amat penting untuk mengamankan Windows XP Anda.

6. Nyalakan firewall Windows XP
Terkadang kita lupa mematikan tembok pengaman bawaan sistem operasi Windows XP, tapi menyalakan firewall menjadi hal yang wajib dilakukan untuk mengamankan komputer Anda. Masuklah ke control panel, pilih Windows Firewall, nyalakan dan biarkan aplikasi tersebut mengamankan komputer Anda.

7. Perbaharui semuanya
Tak hanya aplikasi pihak ketiga beserta pluginsnya yang harus di-update, tapi juga seluruh aplikasi dari Microsoft ke versi terbaru mereka. Dari start menu, pilihlah all programs kemudian Windows Update dan lihatlah status update dari sistem komputer Anda.

Installah semua yang ditandai “Important” dan aturlah agar Windows Update menginstall semua pembaharuan secara otomatis.

Selain Windows XP, Microsoft juga menghentikan dukungan terhadap Office 2003 sehingga Anda perlu beralih ke aplikasi suite gratis seperti OpenOffice. Alternatif lainnya Anda bisa menggunakan komputasi awan dengan menggunakan Google Docs atau OneDrive.

Sumber: BGR, ZD Net,
Diskusikan di Facebook