ASN Kota Bandung Diisi PPPK Profesional

  • Bagikan
Kepala BPKSDM Kota Bandung, Adi Junjunan. (Foto: kapol.id/Megi Minati Dwi Putri)

KAPOL.ID–Tahun ini merupakan tahun kedua Pemerintah Kota Bandung merekrut Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bandung, Adi Junjunan menyebutkan, total yang mengikuti seleksi CASN non-guru sebanyak 2.500 orang dan hanya ada 1.228 kursi yang tersedia.

Dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49, Adi menjelaskan, ada beberapa perbedaan PNS dan PPPK yang belum diketahui masyarakat, sehingga pada tahun ini animo pendaftaran seleksi CASN lebih banyak ke CPNS dibanding PPPK.

“Saya rasa ini penting untuk disampaikan karena animonya lebih besar ke CPNS, ketika seorang itu menjadi PPPK maka berdasarkan PP No. 49 mereka hanya dapat mengisi jabatan fungsional,” jelas Adi, Kamis (30/09/2021).

Lebih lanjut, Adi menuturkan, jabatan fungsional dalam Undang-undang ASN adalah jabatan yang hanya diisi oleh orang dengan keterampilan dan keahlian khusus pada bidang tertentu. Karena itu, ke depan ASN akan lebih banyak diisi oleh pegawai PPPK yang sudah profesional di bidangnya.

“Biasanya banyak yang megikuti CPNS itu masih muda bahkan baru lulus S1 langsung daftar, makanya buat pemerintah kita bicaranya efisiensi. Kenapa sekarang dari pusat lebih banyak membuka PPPK, karena rekrutmennya di ranah orang-orang yang sudah professional,” pungkasnya.

  • Bagikan