Begini Penjelasan Pihak SMKN 5 Bandung Soal Dugaan Pungli PPDB

KAPOL.ID – Terkait adanya pemberitaan bahwa Kepala Sekolah beserta Jajaran Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMK Negeri 5 Bandung kedapatan telah dilakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Tim Saber Pungli Provinsi Jawa Barat dikarenakan diduga telah melakukan pungli kepada orang tua siswa.

Diketahui dalam dugaan tersebut, bahwa Tim Saber Pungli Provinsi Jawa Barat telah melakukan penindakan dan pemeriksaan kepada orang yang meliputi seperti Kepala Sekolah, Wakasek hingga Pantia PPDB di SMK Negeri 5 Badung dan berhasil mengamankan sejumlah uang sebanyak Rp 40.750.000 yang berasal dari dana titipan dan Kegiatan Pramuka.

Menanggapi adanya hal tersebut, Pihak Sekolah melalui Wakasek Bidang Kesiswaan sekaligus Panitia PPDB SMK Negeri 5, Erwin Basuki menegaskan bahwa pihaknya membantah terkait dengan adanya OTT yang dilakukan oleh Tim Saber Pungli Jabar kepada sekolahnya.

Bahkan dengan adanya dugaan pungli tersebut, Erwin juga menjelaskan dan mengklarifikasi bahwa uang tersebut merupakan titipan dari orang tua siswa untuk kegiatan Pramuka yang direncanakan akan diselenggarakan pada tanggal 18 Juli 2022 nanti.

“Kami waktu itu hanya menyampaikan informasi keuangan yang akan dirapat. Tetapi karena ada sebagian orang tua yang sudah membawa uang karena takut kehabisan jadi dititipkan dari pada takut kehabisan,” ujarnya saat dikonfirmasi wartawan di SMK Negeri 5 Bandung, Jum’at (24/6).

Sehingga dengan adanya bahasa seolah-olah pihak sekolah telah melakukan pemaksaan atau pungli kepada sejumlah orang tua, Erwin kembali menegaskan bahwa hal tersebut tidak benar.

“Itu dilaksanakannya insyaallah setelah masa Sekolah tanggal 18 Juli 2022 (kegiatan Pramuka). Jadi kami masih punya waktu banyak karena informasi awal perlu disampaikan,” katanya

“Jadi kami klarifikasi bahwa kami tidak sepeserpun memakai (uang tersebut). Dan keuangan pun itu semuanya ada,” imbuhnya

Diberitakan sebelumnya, Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Provinsi Jawa Barat telah berhasil melakukan penindakan dugaan pungli kepada oknum Sekolah pada saat kegiatan pendaftaran ulang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMK Negeri 5 Bandung.

Dari penindakan tersebut, Humas Saber Pungli Jabar, Yudi Ahadiat menjelasakan bahwa pihaknya telah berhasil mengamankan barang bukti berupa uang hingga mencapai Rp 40.750.000

Sejumlah uang tersebut, kata Yudi, yakni berasal dari dana titipan sebesar Rp 23.700.000. Dan itu uang pramuka Rp 17.250.000. ***