Belasan Bencana Melanda, BPBD Kabupaten Tasik Melakukan Apa?

Sejumlah petugas BPBD Kabupaten Tasikmalaya melakukan evakuasi longsoran yang menutup bahu jalan.

KAPOL.ID—Belasan kejadian bencana alam melanda wilayah Kabupaten Tasikmalaya dalam dua hari, Rabu-Kamis (10-11/8/2022). Berdasarkan data Badan Penanggunangan Bencana Daerah dan Tagana Kabupaten Tasikmalaya, total sebanyak 19 kejadian.

Dari belasan kejadian bencana alam melanda wilayah Kabupaten Tasikmalaya, hanya dua titik berupa banjir. Sisanya berupa tanah longsor, dengan sekala kecil dan besar.

Menyikapi kejadian tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik (Darlog) BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Kurnia Trisna Somantri mengemukakan pihaknya melakukan penangan tindak darurat bencana. Antara lain penyemprotan longsoran yang mengganggu aktivitas masyarakat.

“Tentunya kami melakukan skala prioritas. Kalau yang ringan-ringan, kami serahkan kepada keluarga dan warga setempat. Karena kami tidak bisa bergerak sendiri untuk menangani bencana dengan banyak titik yang tersebar ini,” terang Kurnia, Kamis (11/8/2022).

Salah satu titik yang paling BPBD prioritaskan penanganannya adalah longsor di Kecamatan Salopa. BPBD sampai menjalin koordinasi dengan lintas instansi seperti kepolisian, PUPR dan Tagana.

Baca Juga: 18 Kejadian Bencana Landa Kabupaten Tasik, Berikut Sebarannya

“Yang di Salopa itu penangannya sudah instansi. Seperti kepolisian menangani pengaturan Lalin. Lalu PUPR juga, karena kami harus menerjunkan alat berat,” tambah Kurnia.

Kurnia juga memastikan bahwa sebetulnya evakuasi longsoran yang melumpuhkan akses Salopa-Cikatomas sudah selesai. Pengerjaannya dari dari jam 14 sampai jam 23, Rabu (10/8/2022).

Untuk mengevakuasi longsoran tersebut, kata Kurnia, pihaknya sampai menerjunkan satu unit loader dan satu unit beko. Sayang, terjadi kembali longsor pada titik yang sama, Kamis (11/8/2022). Jalur Salopa-Cikatomas kembali lumpuh.

“Makanya kami akan langsung melakukan evakuasi longsoran. Kalau sekarang pake satu loader saja, itu juga cukup. Targetnya sekitar lima sampai enam jam selesai lah,” lanjut Kurnia.

Sementara untuk penanganan longsor di Kecamatan Cibalong, BPBD baru akan bergerak sekitar Kamis (11/8/2022) siang. Untuk mengevakuasi longsoran yang menutup bahu jalan, BPBD cukup akan melakukan penyemprotan.

“Untuk di Cibalong, rencananya hari ini kami akan tangani. Kami tidak menerjunkan alat berat. Cukup penyemprotan dan pembersihan saja,” pungkas Kurnia.

Support KAPOL with subscribe, like, share, and comment

Youtube : https://www.youtube.com/c/kapoltv

Portal Web : https://kapol.tv/
Portal Berita : https://kapol.id/
Facebook : https://www.facebook.com/kabar.pol
Twiter : https://twitter.com/kapoltv
Instagram : https://www.instagram.com/kapol_id