Bupati: Porkab Garut Digelar Oktober 2021, Setiap Kecamatan Dibantu 50 Juta

  • Bagikan
Bupati Garut, Rudy Gunawan, didampingi Kadispora, Usep Basuki Eko dan Ketua KONI Garut, , Abdusy Syakur Amin dalam Rapat Koordinasi dengan para camat se-Kabupaten Garut terkait persiapan pelaksanaan Porkab Tahun 2020, di Gedung Command Center, Kabupaten Garut, Jum'at (10/9/2021) malam.

KAPOL.ID – Bupati Garut, Rudy Gunawan memastikan, pelaksanaan Porkab (Pekan Olahraga Kabupaten) Garut akan digelar pada Bulan Oktober tahun ini.

Pernyataan tersebut disampaikan Rudy didampingi Kadispora Garut, Usep Basuki Eko dan Ketua KONI Garut, Abdusy Syakur Amin, saat menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Porkab Garut Tahun 2020 bersama dengan para camat se-Kabupaten Garut yang digelar secara virtual, di Command Center, Kabupaten Garut, Jum’at (10/9/2021).

“Jadi sekarang kita pastikan saja sekalian tentukan tanggalnya. Tadinya kami sepakati tanggal 23 Oktober, tapi ditanggal yang sama ada pelaksanaan Kejurnas sepeda, makanya kita geser satu hari saja, dan malam ini kita langsung putuskan,” tutur Rudy.

Seperti diketahui sebelumnya, Porkab tingkat Kabupaten Garut rencananya dilaksanakan di tahun 2000, sebagai ajang mencari bakat-bakat atlit yang akan diikutsertakan pada ajang Porda (Pekan Olahraga Daerah) Jawa Barat di tahun 2022.

Tapi karena sejak tahun 2019 negara kita bersama negara-negara lainnya diberlakukan pembatasan kegiatan akibat merebaknya virus Covid-19, maka seluruh kegiatan yang sifatnya mengundang kerumunan masa tidak boleh dilaksanakan, termasuk Porkab yang semula dijadualkan akan digelar di tahun 2020.

Padahal, sejak awal direncanakan, Bupati Garut telah menjanjikan pemberian kucuran dana sebesar Rp 50 juta untuk membantu meringankan beban kecamatan yang mengikutsertakan kontingen dari daerahnya masing-masing.

“Karena Porkabnya sempat mengalami beberapa kali kemunduran akibat Pandemi Covid 19 maka bantuan seperti yang kami janjikan sebelumnya hingga kini masih ada dan tersimpan. Nah sekarang pemberian itu pun masih tetap ada dan tidak terganggubahkan tidak ada pengalihan untuk dana lain seperti isu-isu miring yang beredar,” tegasnya.

Dengan digelarnya pesta olah raga tingkat kabupaten tahun ini, Rudy berharap bisa menjadi momentum tersendiri bagi kebangkitan olah raga di Kabupaten Garut.

“Nah tentu saya berharap bahwa kita ada semangat dan tentu ini adalah era kebangkitan dari olahraga di Kabupaten Garut. Karena harusnya dilaksanakan tahun 2000, maka temanya juga harus pelaksanaan Porkab 2020 yang dilakanakan tahun 2021,” tuturnya.

Rudi juga mengingatkan kepada para camat, bahwa pelaksanaan Porkab ini merupakan ajang untuk meraih prestasi di bidang olahraga, bukan ajanguntuk coba-coba.

“Karena keadan masa PPKM juga hingga saat ini masih diperpanjang, maka kami meminta Porkab tahun ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Begitu pun kepada para camat, agar terus meningkatkan koordinasi dengan para KOK (Koordinator Olahraga Kecamatan) dan bisa memastikan, seluruh atlet dan kontingen yang akan diberangkatkan nanti semuanya harus yang sudah mendapatkan vaksin ke satu dan vaksin kedua,” tegas Rudy.

Setelah mendapat kepastian mengenai tanggal pelaksanaan, Ketua KONI Garut, H. Abdusy Syakur Amin menyatakan, pihaknya akan segera mengundang KOK dan technical delegate tiap Cabor untuk sinkronnisasi data sebelum diputuskan secara final.

Sementara itu, seperti yang diintruksikan bupati, Ketua Panpel Porkab, Entik Karyana menambahkan, sesuai dengan rencana sebelumnya, pembukaan Porkab tingkat Kabupaten Garut akan digelar pada siang hari, tanpa adanya seremonial dan hiburan yang berlebihan, serta pembatasan peserta defile.***

 

  • Bagikan