PENDIDIKAN

Cianjur: Izin Mendirikan SMP Swasta Diperketat, Untuk Keseimbangan Jumlah Siswa

×

Cianjur: Izin Mendirikan SMP Swasta Diperketat, Untuk Keseimbangan Jumlah Siswa

Sebarkan artikel ini
Kepala Bidang SMP Disdikpora Kabupaten Cianjur, Helmi Halimudin

KAPOL.ID – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur memperketat izin pendirian sekolah swasta di Kota Santri, khususnya Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Hal tersebut, agar ada keseimbangan jumlah siswa di masing-masing SMP diberbagai kecamatan di Kabupaten Cianjur.

“Pendirian SMP tidaklah mudah terutama izin operasional sekolah lantaran ada aturan mainnya,” kata Kepala Bidang SMP Disdikpora Kabupaten Cianjur, Helmi Halimudin Rabu, (20/12/2023).

Ia mengatakan, salah satu persyaratan dalam membuat SMP swasta yang pertama harus ada bangunannya dulu. Kemudian siswanya ada.

Selain itu, yang paling berat menurut Helmi adalah izin rekomendasi dari sekolah terdekat.

“Misalnya di suatu wilayah itu ada yang mau buat SMP swasta, nah maka harus meminta rekomendasi dari SMP terdekat,” ujarnya.

Helmi menambahkan, bilamana kedua izin itu tidak bisa dilakukan oleh pihak yang ingin mendirikan sekolah maka Disdikpora Cianjur tidak akan memberikan izin pendirian SMP.

Helmi mengungkapkan, ditahun ini Disdikpora Cianjur menolak dua izin pendirian SMP karena persyaratan yang tidak lengkap sesuai yang ditentukan.

“Ada pengajuan pendirian SMP yang kita tolak di tahun 2023 ini. Mereka tidak bisa memenuhi dua persyaratan tersebut,” ujarnya.

Berdasarkan data yang tercatat, saat ini ada 248 sekolah SMP Swasta yang terdaftar di Kabupaten Cianjur. ***