Connect with us

SOSIAL

Dari Penjualan Masker, Humas Kemenag Kabupaten Tasik Bisa Santuni Jompo

|

Proses penyerahan bantuan berupa sembako dan uang tunai dari Kemenag Kabupaten Tasikmalaya kepada para jompo.

KAPOL.ID–Penyerahan bantuan sosial berlangsung di lingkungan kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (26/6/2020). Bantuan berupa sembako dan uang tunai.

Sasaran penyaluran bantuan adalah para jompo. Sebelumnya mereka tidak tersentuh oleh bantuan jaring pengaman sosial mana pun. Barang kali terkendala karena sebagian besar dari jompo ini sudah tidak memiliki kartu keluarga (KK).

Menurut Kepala Kemenag Kabupaten Tasikmalaya, Usep Saepudin Muhtar, penyerahan bantuan kali ini adalah yang ketiga. Di mana penggagasnya terpusat di tim hubungan masyarakat (Humas) Kemenag Kabupaten Tasikmalaya.

“Ini merupakan penyerahan bantuan hasil dari anak-anak kami, Tim Humas Kemenag Kabupaten Tasikmalaya,” ujar Usep.

Atas nama Kepala Kemenag, Usep begitu mengapresiasi amal mulia tim Humas. Ia juga mengaku terenyuh, karena penerima bantuan semuanya orang-orang jompo.

Untuk dapat menyalurkan bantuan sosial, tim Humas Kemenag mula-mula melakukan penjualan masker. Tapi labanya tidak seberapa. Kemudian mengubah pola menjadi sistim donasi.

Dalam kata lain, tim Humas Kemenag memungsikan masker menjadi semacam cindera mata bagi mereka yang mendonasikan sebagian hartanya.

Dengan pola seperti ini, hasilnya lebih signifikan. Bahkan ada sebagian orang yang sanggup mengeluarkan uang Rp 100 ribu untuk satu unit masker.

Hitung punya hitung, terkumpullah dana hampir mencapai Rp 10 juta. Kata Usep, Kemenag tidak memotong uang tersebut serupiah pun. Pengalokasian uang tersebut menjadi kewenangan tim Humas Kemenag sepenuhnya.

“Semua diberikan kepada yang membutuhkan, yaitu para jompo. Memang donasi tersebut kebanyakan dari warga Kemenag Kabupaten Tasikmalaya, baik ASN maupun Sukwan,” lanjut Usep.

Proses pencarian calon penerima bantuan sendiri, tim Humas Kemenag Kabupaten Tasikmalaya melakukan survai ke lapangan. Media massa sempat jadi acuan, sebelum berangkat melakukan pencarian.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •